TAICHI | MIXED FRESH INFO

TAICHI

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 22 Agustus 2010, under , , , | 8 komentar

Kejahatan
yang terus meningkat belakangan ini membuat kita perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban selanjutnya. Nah untuk mempertahankan diri sendiri dari kejahatan yang bakal menghadang ada baiknya kita mempelajari seni bela diri. Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang untuk mempertahankan diri. Seni bela diri telah lama ada dan pada mulanya berkembang di medan pertempuran. Seiring perkembangan jaman seni bela diri ternyata bisa untuk menjaga kesehatan tubuh. Seni bela diri terbagi beberapa jenis diantaranya seni tempur bersenjata tajam, senjata tidak tajam seperti kayu, dan seni tempur tangan kosong. Di antara jenis-jenis seni bela diri yang ada adalah seperti berikut:
  • Pencak Silat
  • Aikido
  • Boxer (tarung bebas)
  • Capoeira
  • Gulat
  • Judo
  • Karate
  • Jiu jitsu
  • Kempo
  • Kung Fu
  • Taekwondo
  • Tinju
  • Tai Chi
  • Wushu
Ternyata seni bela diri selain bisa untuk menjaga keselamatan diri dari kejahatan bisa juga untuk menjaga kesehatan. Seperti bela diri dari negeri Cina yakni Tai chi. Tai chi sendiri terbagi menjadi berbagai "gaya" yang pada dasarnya berasal dari satu akar dan konsep dasarnya hampir sama. Adapun gaya-gaya Taichi yang terkenal adalah gaya Chen, gaya Yang, gaya Sun dan gaya Wu. Yang paling terkenal adalah gaya Yang, gaya ini telah menjadi standar pengajaran Taichi ke seluruh dunia, yaitu lewat sebuah rangkaian gerak yang disebut "Beijing 24 step" atau Senam Taichi gaya 24 langkah yang telah distandardisasi oleh pemerintah Republik Rakyat China (RRC) sebagai bentuk baku untuk mengajarkan Taichi.

Tai chi merupakan olahraga pernapasan yang menggunakan gerakan-gerakan lembut dan luwes, sesuai dengan filosofi olahraga ini menggerakkan energi (chi) ke seluruh tubuh. Berkat olah gerak dan nafas dari seni bela diri taichi dalam waktu 12 minggu selama 30 menit bisa mengurangi gejala nyeri kronik yang dialami oleh penderita fibromyalgia. Fibromyalgia merupakan nyeri otot, kaku, pegal-pegal, serta nyeri di bagian persendian yang dapat membuat seseorang tidurnya gelisah, bangun dengan perasaan lelah, kelelahan, ketakutan, depresi, dan mengalami gangguan pada fungsi usus.

One Response to "TAICHI"

  1. ariefborneo Says:

    TAICHI jga ilmu bela diri yg memanfaatkan ergi lawan yg ane tau sih seperti itu...

  1. Gaphe Says:

    wah, jadi nggak cuman bwt beladiri aja tapi juga bisa buat terapi dan pengobatan... sepengetahuan saya sih, kalo latihan taichi tuh kudu rileks dan jauh dari pikiran negatif.. soalnya pengaruh ama energi nya.. entahlah..

  1. Dinohp Says:

    Oh jd taichi itu banyak juga manfaatnya utk tubuh kita ya

  1. Ferdinand Says:

    Capoerra gak termasuk seni beladiri ya >>?

    pokoknya selain buat Menjaga kesehatan bisa untuk menjaga diri hhe.. tapi berhubung lagi puasa... kpn2 aja deh Ikutan prakteknya haha,.. bisa2 pingsan ntar....

    maaf nie aku telat..... sehat2 kan Sob???

    Semangat yo!!!

  1. Pasang Iklan Gratis Says:

    Thaichi ilmu dan seni, mau belajar harus hati, hati ntar jadi penyanyi, walah.. (^.^)

  1. four dreams Says:

    wah aku baru tau ada yang namanya THAICHI :D

  1. mas kholiq Says:

    ya benar taichi itu bisa melatih pernafasan
    contohnya perguruan IKSPI kera sakti perguruan ini melatih pernafasan dengan chi-kung dan perguruan ini juga termasuk taichi

  1. Ferdinand Says:

    Siank Sob.. wah tumben nie..... sepi2 aja disini hhe biasanya rame bgt... wah lagi sibuk juga nie rupanya hhe... semangat aja deh klo gtu.. :)

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.