PERNAK-PERNIK RAMADHAN | MIXED FRESH INFO

PERNAK-PERNIK RAMADHAN

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 10 Agustus 2010, under , , , | 11 komentar
Bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah akhirnya tiba juga. Di bulan yang penuh berkah ini ada beberapa tradisi yang bakal ada selama bulan ramadhan ini, diantaranya mudik ke kekampung halaman, ngabuburit bersama teman-teman hingga waktu berbuka puasa tiba, makin menjamurnya warung-warung yang menjual makanan berbuka seperti kolak, kelapa muda, buah kurma dan sebagainya. Selain itu di bulan ramadhan ini bisa dipastikan semakin bertambah banyak gelandangan dan pengemis di perempatan jalan. Para gelandangan dan pengemis ini bertambah karena adanya pengemis musiman yang khusus beroperasi hanya di bulan puasa saja untuk mencoba mencari "penghasilan tambahan". Jumlah mereka selama bulan ramadhan ini semakin hari semakin bertambah hingga mendekati hari raya Idul Fitri 1 bulan lagi.

Apakah ini merupakan potret kemiskinan yang masih terlihat jelas di negara kita atau hanya merupakan trend saja? Biasanya di beberapa kota jam beroperasinya para gelandangan dan pengemis ini bisa lebih panjang dari hari biasanya bahkan ada yang sampai malam hari. Dalam ingatanku ketika bulan ramadhan beberapa tahun yang lalu beberapa orang sibuk bahkan berlomba-lomba memberikan sedekah kepada kaum dhuafa mulai dari memberikan makanan buat sahur kepada gelandangan, pengemis, maupun petugas-petugas yang bekerja dengan giliran malam hari dan memberikan makanan untuk berbuka puasa bagi mereka yang masih berada di jalanan ketika waktu berbuka puasa. Memang sih di bulan yang penuh berkah ini sebaiknya kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan yang kita miliki untuk disumbangkan kepada mereka yang berhak. Tetapi bukan berarti hanya di bulan ramadhan saja kita menyumbang kepada mereka semuanya. Ada baiknya menyumbang tidak hanya berupa uang tetapi bekal keterampilan buat mereka agar bisa melanjutkan hidupnya di kemudian hari karena hal ini justru lebih berharga. Bertepatan dengan itu aku mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Dan bagi yang tidak berpuasa hendaknya selalu menjaga toleransi antar umat beragama sehingga kerukunan tetap terjalin.

One Response to "PERNAK-PERNIK RAMADHAN"

  1. Gaphe Says:

    sebaiknya memberi kail.. bukan ikannya.. kalo liat di perempatan2 jalan itu sering ada tulisan PEDULI tidak sama dengan MEMBERI..

  1. ariefborneo Says:

    Benar bgt sob...para pengemis kalo blan ramadhan pada menjamur di mana2!!!

  1. om rame Says:

    saya kira haL tersebut adaLah cerminan dari tradisi, yakni tradisi pemiskinan.

  1. Fais cWaKep Says:

    Mohon maafin aku jika slama ini ada kesilapan dalam menulis...
    Marhaban Ya Ramadhan..

  1. rizal Says:

    sudah menjadi tradisi, memanfaatkan kesemapatan...

  1. lina@women's perspectives Says:

    Setiap Ramadhan, pengemis di Bogor jadi banyak banget...

    Selamat menjalankan ibadah puasa :)

  1. etam grecek Says:

    selamat menunaikan ibadah puasa.....
    jangan lupa untuk berbagi sesama saudara yg tak mampu....

  1. AkuInginPulangDiKalaSenja Says:

    Atau ini potret masyarakat yang dimiskinkan oleh keadaan?
    Met menjalankan puasa Ramadhan juga yaa ^_^

  1. odah etam Says:

    selamat menjalankan ibadah puasa kawan..

  1. tiwi Says:

    pernak pernik ramadhan..dan lebaran ak sll suka, krn ada tradisi pemberian takjil dan tradisi aneka hantaran kue, jd bs order ke aku...(promosi.com)hehehe.., dimanapun sll ada 2 sisi sob, ada yg mampu n ada jg yg krg mampu, sdh menjd kewajibn kt u sll menyisihkan rejeki yg kt pny u meolong mrk yg krg beruntung, bkn hny di bln ramadhan..ok nice post, success 4 u..!

  1. Bunglon Blog Indonesia Says:

    bulan ramadhan memang penuh rahmat, tak terkecuali bagi mereka yang kurang mampu dibulan ini akan bnyak sekali bentuk bantuan kepada mereka untuk saling berbagi untuk memberi,
    Sukses Slalu!

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.