SPIONASE ?? MUSUH ATAU TEMAN ?? | MIXED FRESH INFO

SPIONASE ?? MUSUH ATAU TEMAN ??

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 02 Juli 2010, under , | 11 komentar
Mata-mata atau spionase pasti menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian negara. Tentu saja karena mata-mata ini selalu mencari kelemahan dari suatu negara dan menjual informasi tersebut kepada negara lain. Dalam keadaan perang peran mata-mata sangatlah penting untuk mengukur peta kekuatan musuh baik dari persenjataan, teknologi yang dimiliki, prajurit maupun peralatan tempurnya. Spionase atau pengintaian atau mata-mata berasal dari bahasa Perancis yakni espionnage yang berarti suatu praktik untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah organisasi atau lembaga yang dianggap rahasia tanpa mendapatkan izin dari pemilik yang sah dari informasi tersebut. Yang membedakan spionase dengan bentuk pengumpulan informasi intelijen lainnya adalah bahwa spionase bisa mengumpulkan informasi dengan mengakses tempat di mana informasi tersebut disimpan atau orang yang mengetahui mengenai informasi tersebut dan akan membocorkannya melalui berbagai dalih.

Biasanya agen mata-mata ini tidak bisa diketahui secara langsung oleh orang lain dan cara kerjanya pun sangat rahasia dengan menggunakan bahasa sandi tertentu. Oleh karena itu, hanya pihak terkait saja yang bisa mengetahui apakah seseorang itu berprofesi sebagai mata-mata atau tidak setelah melakukan penyelidikan terlebih dulu. Salah satu contohnya yang aku kutip dari tempointeraktif yakni Donald Heathfield, 48 tahun, pemilik perusahaan Future Map yang ditangkap Biro Investigasi Federal (FBI) karena dituduh sebagai mata-mata Rusia dan pemalsuan indentitas yang ternyata diketahui memiliki kantor di Jakarta. Selain menangkap Heathfield, petugas juga menahan istrinya, Tracey Lee Ann Foley, 47 tahun, atas tuduhan yang sama. Foley bekerja di Redfin, sebuah perusahaan real estate.

Menurut Departemen Kehakiman Amerika, keberadaan mereka untuk mengusut data rahasia menyangkut kebijakan Amerika Serikat dan data rahasia yang dibuat oleh pemikir dan petugas pemerintah Amerika. Mereka ditangkap beberapa hari yang lalu setelah FBI menggelar investigasi sejak pemerintahan Bill Clinton dan mengumpulkan data melalui pengawasan video, mikropon tersembunyi serta penggeledahan tempat tinggal mereka di sepanjang perairan timur Amerika. Semoga saja informasi bahwa Heathfield memiliki kantor di Jakarta itu tidaklah benar.

One Response to "SPIONASE ?? MUSUH ATAU TEMAN ??"

  1. RAMDHAN Says:

    klo menurut saya seeh... my be yes may be no hehe

  1. tomo Says:

    Bisa jadi musuh gan

  1. o0z Says:

    tak dapat dipungkiri mas, mata-mata pasti ada, di semua lini, entah di level bawah, maupun di level besar seperti negara.

    Yang seharusnya kita pandang adalah, mata-mata atau spionase kini menjadi sebuah profesi.

  1. siroel Says:

    masukin dlm daftar musuh aja deh...

  1. Bunglon Blog Indonesia Says:

    wah ternyata masih ada saja mata2 ya sob. yach memang harus di waspadai karena sebagai mata2 tentu mereka mempunyai misi tersendiri bukan?
    Sukses Slalu!

  1. Pak Liek Says:

    mata-mata pasti ada di sekitar kita ...
    kepolisian kita saja juga punya mata-mata (intel)

  1. sentraBLOG Says:

    menurut gw sih tergandung mata nya bos...
    hehehe...
    terkadang emang dibutuhin juga mata - mata..

    mampir bos... ada award buat mixedinfo...
    thanks ya...

  1. joe Says:

    jadi ingat film James Bond...

  1. Ali Mas'adi Says:

    mata mata cuci mata.. he.. he..

  1. anggasona Says:

    spertinya mata2 emg perlu u negara adidaya sperti rusia maupun amerika, sifatnya sperti perang dingin, musuh bebuyutan dr dulu smpe skrg...sbnrnya kl mau diselidiki amerika jg tentunya pny mata2 cm blm terungkap saja...hehee

  1. Rinda Says:

    memang sulit di tebak mas :)
    tapi mata mata tetep aja musuh :d

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.