DONOR DARAH | MIXED FRESH INFO

DONOR DARAH

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 10 Juli 2010, under , | 18 komentar
Hampir tiap hari kita mendengar berita tentang kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Apalagi di saat liburan seperti ini hampir dalam seminggu ini aku mendengar di televisi banyak terjadi kecelakaan dan tidak sedikit pula yang menjadi korban jiwa baik yang meninggal maupun yang luka-luka. Banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut antara lain kondisi jalan dan penerangannya yang tidak bagus, kondisi fisik kendaraan yang digunakan maupun kondisi pengemudi yang kadang-kadang seenaknya sendiri mengemudikan kendaraannya. Duka yang mendalam tentu saja dialami oleh keluarga korban yang kehilangan anggota keluarganya. Begitu juga dengan korban yang luka dan mengalami pendarahan yang lumayan parah sehingga membutuhkan kantong darah untuk menyelamatkan nyawanya. Padahal belum tentu kantong darah yang tersedia di rumah sakit atau Palang Merah Indonesia mencukupi.

Ini disebabkan karena semakin rendahnya orang yang bersedia mendonorkan darahnya seperti yang terjadi di beberapa daerah. Sebenarnya banyak manfaat donor darah yang bisa didapat diantaranya menjaga stabilitas darah yang bagus didalam tubuh sehingga tubuh kita bakal sehat dan dapat membantu sesama. Tapi hati ini menjadi sedih jika mendengar ternyata kantong darah yang menjadi penyelamat nyawa orang lain justru dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan bagi sebagian orang yang hanya mementingkan kekayaan seperti yang aku tonton beritanya beberapa bulan yang lalu. Ada baiknya pula proses penyaluran kantong darah ini diawasi oleh pihak-pihak yang berwenang agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya dan masyarakat yang menyumbang darahnya tidak kecewa karena niat baiknya untuk membantu sesama ternyata dimanfaatkan oleh sebagian orang demi mengejar materi.
Namun terlepas dari semua itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seseorang yang hendak donor darah yaitu :
  • Berusia 17-65 tahun dan memiliki berat badan minimal 45 kg
  • Dalam keadaan sehat, artinya kadar hemoglobin harus normal (tidak anemia).
  • Tidak menderita penyakit menular, seperti HIV, malaria, sifilis, atau hepatitis.
  • Tidak sedang hamil, menyusui, atau menstruasi.
  • Tekanan darah normal, yaitu sistole 110-160 mmHG dan diastole 70-100 mmHG.
  • Jarak dengan transfusi sebelumnya minimal 3 bulan.

One Response to "DONOR DARAH"

  1. buret Says:

    turut prihatin atas apa yang telah diberikan...sumbangsih donor darah yang saat ini sangat minim, ada baiknya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin & tidak untk kepentingan keuntungan semata.

  1. om rame Says:

    terim kasih atas sharenya.
    donor darah seLain bermanfaat bagi orang Lain, tentunya juga bermanfaat bagi kesehatan si pendonornya. yakni, akan seLaLu tumbuh butir-butir darah baru yang Lebih fresh.

    ngobroL.
    tutor dari jenengan sudah saya apLikasian dan di padu dengan beberapa tutor Lainnya, terima kasih banyak yah sudah berbagi. sangat bermanfaat bagis aya sebagai orang yang masih daLam tahap beLajar ngebLog.

  1. Tihang karas Says:

    Kalau di perusahaan tempat saya bekerja hampir setiap tahun mengadakan donor darah, dan selalu mendapat tanggapan positif dari para karyawannya, soal di komersilkan kami kurang tahu.

  1. Ozzys Blog Says:

    terus terang mas, saya paling takut sama jarum suntik, hik hik gmn ya.. takut lah... pernah dulu sekali donor darah dan itu malah membuat saya merasa gmn gitu.... ya itu saking takutnya...

  1. Halaman Samping-nya Inung Says:

    pengen banget sih ikutan mendonorkan darah tapi aku cenderung anemia nih :) btw salut setinggi-tingginya buat para pendonor. Jempol empat!

  1. Winny Widyawati Says:

    Sekarang sudah diberi mau untuk mendonorkan darah, sejak membaca postingan ini :)

  1. tomo Says:

    donor darah perbuatan yang mulia gan

  1. uswah Says:

    pagi yang cerah untuk berkunjung

  1. tomo Says:

    banyak pendonor akan makin membantu sesama

  1. saydina Says:

    donor darah membuat kita memiliki rasa kebersamaan dan keakraban.

  1. arie... Says:

    wah kalo saya belum pernah donor darah nih om. . . Cz d t4 ku blum ada phak donor drah.

  1. Ferdinand Says:

    Wah biarpun aku ngeri buat Donor darah tapi waktu itu aku pernah Sob....lemes rasanay haha....yg aku tau bates minimal untuk diambil darahnya beda-beda tiap orang soalnya aku cuma diambil setengah kantong N ada yg diambil 1 kantong hodooh lemes ng'liatnya wkwkwk........

    yg penting dapet bubur N susu lah masalah nolong N ng'batu orang belum kelintas di otaQ waktu itu haha.....

    Happy blogging Sob...Sobat udah pernah Donor?????

  1. etam grecek Says:

    aku rutin sob donor setiap 4 bulan...
    dan punya kartunya dr PMI...

  1. ariefborneo Says:

    Wah kalo ane takut jarum suntik frend jd ngga pernah donor darah..hehehe

  1. Asis Sugianto Says:

    Pengenn donor, tapi takut liah darah,,,,,

  1. Gaphe Says:

    Wah, saya selalu ditolak buat jadi pendonor tuh.. emang, secara teoritis minim berat badan segitu, tapi lebih dari 50kg kayak saya tetep ditolak. Katanya kasihaan, udah ceking mau ngedonorin darah.. hahahaa

  1. om rame Says:

    kembaLi berkunjung untuk mengucapkan seLamat menyaksikan finaL piaLa dunia antara beLanda VS spanyoL.

  1. WONG SIKAMPUH Says:

    tiap tetes darah yg kt donor kan memberi bnyk harapan bg yg membutuh kan..

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.