SOLDER + BUSA SPON = BATIK | MIXED FRESH INFO

SOLDER + BUSA SPON = BATIK

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 11 Juni 2010, under , , | 17 komentar
Akhirnya mulai juga ni piala dunia, barusan upacara pembukaannya juga udah disiarkan secara live, lumayan meriah sih, tadi aku inget sempet ada atraksi pake kaen yang dibentangkan membentuk peta Afrika, kalo di perhatikan kaen tadi kok mirip Batik yang ada di Indonesia ya? Jadi pengen posting tentang batik ni.. Batik adalah kaen asli Indonesia yang sempat diklaim oleh negara lain. Untungnya Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui badan yang terkait (UNESCO) menetapkan bahwa batik Indonesia yang meliputi teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpiece of the Oral dan Intangible Heritage Of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009. Jadi bisa disimpulkan bahwa batik merupakan kekayaan budaya asli milik Indonesia.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Pada zaman dahulu kegiatan membatik selalu dilakukan oleh wanita dan dilakukan secara turun menurun. Berbagai macam corak dan motif batik menunjukkan status seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Pada awalnya baju batik kerap dikenakan pada acara acara resmi untuk menggantikan jas. Tetapi dalam perkembangannya pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, baju batik juga dipakai sebagai pakaian resmi siswa sekolah dan pegawai negeri (batik Korpri) yang menggunakan seragam batik pada hari Jumat. Perkembangan selanjutnya batik mulai bergeser menjadi pakaian sehari-hari terutama digunakan oleh kaum wanita. Pegawai swasta biasanya memakai batik pada hari kamis atau jumat.

Teknik pembuatan batik terdiri dari 2 jenis yakni :
  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan sehingga harga yang ditawarkan pun relatif lebih mahal.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
Peralatan yang diperlukan untuk membatik antara lain kain mori, cairan lilin dan canting. Kini kegiatan membatik bisa menggunakan media solder dan busa spon seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salaman, Magelang dibawah bimbingan guru seni rupanya (Liputan6.com). Beragam corak hasil dari membatik dengan solder dan spon ternyata tak kalah unik dan indahnya dengan kain dan canting. Hal ini terbukti mulai dari corak batik klasik, kontemporer, tokoh pewayangan, hingga flora dan fauna bisa dibuat dengan alat yang tak biasanya dipakai untuk membatik tersebut. Wah kreatif juga ya anak-anak SMP ini, bisa membatik dengan alat selaen canting.

One Response to "SOLDER + BUSA SPON = BATIK"

  1. Akmal Fahrurizal Says:

    Ya batik emang ciri khas Bangsa kita banget, ga usah malu dibilang ngolot lagi zaman sekarang mah kalo anak muda juga pake batik . .pokonya batik keren banget deh!! *on fire* :D
    Pertamax ya??

  1. odonk's Says:

    soga gak ada lagi budaya kita yg di curi ma negara lain...

  1. catatan kecilku Says:

    Aku suka juga batik... apalagi sekarang coraknya juga makin beragam..

  1. the others.. Says:

    Sayang ya batik tulis mahal... Soalnya pengerjaannya juga tidak mudah. Semoga saja seni batik tak akan hilang dari Indonesia.

  1. santo Says:

    kira-kira udah ada belum yaa...motif/material batik khusus dibuat untuk diaplikasikan ke arsitektur/interior bangunan...misalkan : motif lantai , wallpaper, atau fabrics..?

  1. ariefborneo Says:

    Jd ingat sma post kemaren ane yg d kirimin celan batik ni..skarang btik udh mulai beradaptas dgn pakaian jaman sekarang sob..ane z skrang suka pake btik sob...

  1. ariefborneo Says:

    Jd ingat sma post kemaren ane yg d kirimin celan batik ni..skarang btik udh mulai beradaptas dgn pakaian jaman sekarang sob..ane z skrang suka pake btik sob...

  1. buret Says:

    merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia, dulu pernah belajar buat batik, karena sulit akhirnya berhenti, heheh

  1. masnajib Says:

    batik seger........

  1. Never Give Up Dude | Leader Street Says:

    artikel keren nih, bisa buatkan batik ngga????becanda...

    kampanye nih : mari memakai produk lokal, seperti batik sebagai ide lifestyle anda

  1. Miss Rinda Says:

    i love batik so muxh mixed...ngampus jg suka pke batik..hehehe

    met nonton world cup iaaaa ^0^

  1. etam grecek Says:

    batik yg telah di akui sbagai milik budaya indonesia wajib kita lestarikan..

  1. four dreams Says:

    iya batik udah sampai di luar negeri huh padahal kan itu punya indonesia

  1. muzzy musthofa Says:

    klo aq malah seneng banget pake batik..... krn sy udah tua, ya biarin aja....

  1. didiet Says:

    mari kita lestarikan batik sebagai kekayaan indonesia

  1. Ferdinand Says:

    Weleh2.... cantingnya diganti solder toh sob wkwkwk....kreatif bgt anak2 sekarang........Pokoknya tetep lestarikan Kebudayaan dh...

  1. BSI Says:

    anak sekarang makin kreatip aja bisa bikin batik selaen dari canting

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.