PEMBATASAN SUBSIDI BENSIN UNTUK SEPEDA MOTOR AGUSTUS 2010 | MIXED FRESH INFO

PEMBATASAN SUBSIDI BENSIN UNTUK SEPEDA MOTOR AGUSTUS 2010

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 30 Mei 2010, under , | 21 komentar
Makin hari makin banyak pula rencana kebijakan yang dibuat pemerintah. Memang kebijakan yang dibuat tersebut demi kepentingan umum dan stabilitas negara. Setiap kebijakan pemerintah selalu menimbulkan sikap pro dan kontra. Salah satunya rencana kebijakan yang dikemukakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yakni membatasi penggunaan bahan bakar minyak bersubsidi untuk kendaraan roda dua. Rencana kebijakan ini akan mulai berlaku efektif Agustus 2010. Tapi hendaknya yang perlu dibatasi adalah subsidi penggunaan bahan bakar minyak bersubsidi (premium) pada kendaraan mewah dan bukannya sepeda motor. Alasannya karena sepeda motor merupakan alat transportasi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat kalangan menengah kebawah. Selain itu sepeda motor dikenal ekonomis, fleksibel dan murah. Sedangkan kendaraan mewah yang dimaksud adalah kendaraan roda empat yang tahun produksinya di atas tahun 2000 dan bukan merupakan alat transportasi umum.

Alasan yang dikemukakan oleh pemerintah untuk menjalankan rencana kebijakan ini adalah menghemat anggaran pemerintah dan semakin berkurangnya cadangan minyak. Tapi pemerintah juga sebaiknya mempertimbangkan terlebih dulu semua rencana kebijakan yang akan dikeluarkan baik keuntungan maupun kerugiannya jika menjalankan kebijakan tersebut dengan meminta pertimbangan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal ini perlu dilakukan karena anggota DPR merupakan perwakilan masyarakat yang dipilih secara langsung. Berikut beberapa pendapat yang dikemukakan oleh anggota dewan yang dikutip dari pro3rri.com, Wakil Ketua Komisi VII DPR Effendi Simbolon mengatakan kalau pembatasan itu diberlakukan untuk roda dua maka komisi VII menolak tegas kebijakan tersebut. Sedangkan Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan pemerintah perlu melakukan perbaikan manajemen dalam cara menyalurkan subsidi BBM. Pramono Anung juga menilai kebijakan larangan penggunaan BBM bersubsidi untuk roda dua merupakan kebijakan yang aneh dan tidak pro rakyat. Jadi, sudah siapkah teman jika pembatasan bensin untuk sepeda motor diberlakukan Agustus 2010 mendatang??

One Response to "PEMBATASAN SUBSIDI BENSIN UNTUK SEPEDA MOTOR AGUSTUS 2010"

  1. mundo_idiot Says:

    Ya menurut aku begitu juga mestinya jangan motor yang dibatasi , soalnya , Motor walaupun lebih banyak jumblahnya , tetap lebih irit dibanding kendaraan mewah lainnya,

  1. etam grecek Says:

    wah kata bang rhoma irama..."TERLALU"....
    inilah kebijakan yg salah...saya sangat'' sangat tidak setuju....rakyat kecil jadi korban........

  1. Warna Tulisan Says:

    selalu dan selalu ... penghematan ala Pemerintah memposisikan rakyat kebanyakan/jelata yang menjadi korban akibat penghematan tsb.

  1. tomo Says:

    aku tidak setuju kawan jika harus dialihkan ke bensin non subsidi yaitu pertamax.
    mahal....

  1. hikmah Says:

    pemilik roda dua bisa pusing kawan ya jika harus ganti dan pindah ke non subsidi

  1. Rock Says:

    Wahhh... kalau aku gak setuju sob...

  1. imtikhan Says:

    wah ada-ada aja ni pemerinta
    bikin susah masyarakat
    thank's sob infonya

  1. penghuni60 Says:

    selalu aja atas nama "Kebijakan"
    apa udh dipikir dulu masak2 dampaknya nanti...

  1. Science Box Says:

    aku jg gak stuju!

  1. darahbiroe Says:

    wahh
    aku dukung kebijakan seperti ini
    :D

  1. antokcupu Says:

    iya harusna kesadaran yaw
    yang mmpu beli mobil mewah yang pake petromax
    jgn premium

  1. siroel Says:

    no komen deh saya....

  1. karlz Says:

    klo q setuju banget.. ini salah satu unt memerangi pemanasan global.. krn sudah bny banget polusi yg d hasil-kan d Indonesia.. Motor aja sekarang d Obral (payah tuch).. apa ga tau dampak-nya..?

    cb kita liat negara2 tetangga.. mereka beraktifitas selalu menggunakan angkutan umum / jalan kaki..

    d jakarta.. WOW!!! POLUSI BANGET.. 1 keluarga bs pake 3 kendaraan sekaligus.. udah nyubang brp polusi tuch.. program ini bny keuntungan menurut q.. selain menghemat energi, mungkin polusi berkurang, membiasakan berkendaraan umum (ngapain gengsi).. mungkin jika berhasil pemerintah akan membangun transportasi yg modern seperti d negara2 berkembang.. seperti Jepang dll.

    SAVE OUR EARTH !!! mulailah dari hal yg terkecil

  1. Miss Rinda Says:

    iihhh kaN hrsnya yg pake mobiL yg hrs nguraNgin jgn mtor ><

    ntar aq gmn k kampus,,hikez -_-

    n yg pLing pentiNg c asep poLusi yg dikluarin mtor n mobiL yg bkn sesek napaz,haRus dicananGin rajiN serVice...hohoho

    mkacie y ja, meongnya gtw nma'y syapa,abiz kan meongQ udah mati jd bLm ada meoNg lg..hihi

    Warm Greetings,

    |
    |
    V

    Miss Rinda - Personal Blog

  1. Dunia Komputer Says:

    Kalau aku ga setuju banget nie. Cuma ngandalin roda dua saja buat kesana-kemari.

  1. galih a. mukti Says:

    mu komen juga g punya kompetensi apa2...

    tapi miris aja liat brita2 d TV....

  1. anaz Says:

    alhamdulillah aku ga pake motor

  1. Phuad Says:

    tidak, jgn smpe deh..
    uang jajan bsa berkurang donk..
    hehe...

  1. Ferdinand Says:

    Wah klo yg ini aku bener2 ga setuju Sob.....emank semmua warga indonesia orang kaya........kayanya perlu dipikirka ulang tuh sama Mentri SDM.....

  1. akhatam Says:

    Batasi yang Udah kaya2 itu donk.. bagi pengguna motor kan semuanya belum tentu kaya!! seperti ane ni yang masih miskin... hehhe

  1. aguestri Says:

    Kalo baca artikle ini jadi ingat sama program smart card yang membatasi pembelian bensin. Tapi sayang tak ada realisasinya

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.