BELAJAR DARI SEMUT | MIXED FRESH INFO

BELAJAR DARI SEMUT

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 29 Mei 2010, under , | 24 komentar
Hujan turun tiada hentinya, jadi ga bisa pergi kemana-mana. Terpaksa dah cari snack atau kue yang bisa di makan untuk temannya teh biar badan hangat. Rencana mau makan kue eh ga taunya kuenya dimakan semut, jadinya nasib dah ga jadi makan kue. Aku bingung kue yang ukurannya lumayan kok bisa habis ma semut. Pernahkah teman perhatikan jika semut berjalan pasti beriringan dan bekerjasama untuk membawa sesuatu?? Dari kejadian itulah aku melihat adanya kerjasama dari semut untuk membawa sesuatu ke dalam sarangnya.

Sebenarnya kita bisa belajar dari semut tentang arti kerjasama dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa ambil contohnya dari adanya tim sukses yang dibentuk untuk kampanye pemilihan Presiden dan wakil presiden beberapa waktu yang lalu dan tim sukses pemilihan kepala daerah. Calon pemimpin pasti ingin menjadi pemenang dalam suatu pemilihan sehingga iapun membuat tim sukses agar ia bisa dikenal oleh masyarakat. Tim sukses yang dibentuk inipun bekerjasama dengan orang lain agar bisa mencapai tujuannya. Selain itu sifat semut yang saling menyapa jika bertemu juga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa menumbuhkan sikap saling hormat menghormati antar sesama. Tapi sifat kerjasama ini adalah simbiosis mutualisme jadi janganlah disalahgunakan untuk perbuatan yang tidak baik seperti kerjasama dalam menjawab soal ketika ujian, kerjasama melakukan kejahatan dan sebagainya.

Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut adalah keturunan dari generasi tawon Vespoidea. Analisa Filogenetik mengindikasikan bahwa semut telah berevolusi dari capung vespoid pada periode Kapur sekitar 120 juta sampai 170 juta tahun yang lalu. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan. Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia, Greenland dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tesebut.

One Response to "BELAJAR DARI SEMUT"

  1. NurAd1K Says:

    amankan pertamanya dulu...:D
    pemikiran yang bagus sob.. dan teruskan kerjasama antar blogger sob.. hehe

  1. tomo Says:

    Semut itu kerjasamanya yang bikin iri manusia hehehe.
    Sifat gotong royongnya patutu di acungi jempol

  1. uswah Says:

    kunjungan untuk mencari info semut yang suka bekerjasama dalam mencapai sesuatu

  1. Masda Says:

    Merasa bersalah telah menyepelekan hal sekecil itu, btw lam kenal...

  1. tomo Says:

    semut juga bisa buat obat kan

  1. Rizdan Says:

    Waduh ternyata semut juga ada yang jadi karyawan juga ya gan?...
    kunjungan balik
    dan salam kenal

  1. WONG SIKAMPUH Says:

    sifat yg perlu di contoh dr semut adlah sifat gotong royong nya.mantap info nya gan.

  1. pakies Says:

    alam sebenarnya bisa di gunakan pembelajaran yang baik bagi orang yang mau berfikir dan merenungi makna kehidupan. Postingan yang oke

  1. pakies Says:

    Alam yang terhampar sebenarnya bisa dijadikan sebagai pembelajaran agar kita menjadi insan yang lebih arif, maka beruntunglah orang-orang yang mau berfikir seperti ini.
    postingan yang menarik sob

  1. mufied Says:

    saya terkagum2 dengan semut dikarenakan gaya saling menolong antar semut sangat erat sob !!!!

    Salut dah !!

  1. goeztcool blog's Says:

    Wahh...ngomongin semut nih,saya paling tidak suka kalau manjat pohon banyak semut merahnya,badan digigitin semuanya...
    Emang bagus tuh kalo punya keluarga seperti semut saling membantu satu sama lain...nice artikel.

  1. syahidacomputer Says:

    Manusia harus banyak belajar sama semut... dalam kehidupan sosial ... semutlah contoh yang baik. Saling bekerja sama dan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing...

  1. muzzy musthofa Says:

    kita seharusnya malu udah kalah dengan semut, pdhl kita satu2nya Makhluk Allah SWT yang dikasih pikiran tapi pkrn sering dibuat u/ kesalahan

  1. tomo Says:

    Dunia semut patut dicontoh oleh sesama peblogger.
    Rasa saling percaya dan kerjasama patut diterapkan kawan.

    Rasa percaya dalam arti percayalah pasti kawanmu akan memberi juga apa yang telah kamu berikan kepada blognya.
    Meski agak telat.Maklumlah karena dunia maya, mungkin teman kita lagi sibuk atau ada acara di dunia nyata.
    Ya kan?
    Tapi aku yakin mereka akan memberi balik jika mereka sudah ada waktu.

    Rasa kerjasama dalam arti bahwa sesama peblogger harusnya bekerjasama dukung mendukung untuk kemajuan blog masing masing.

    Uwis ah kepanjangan tar gak enak sama pemilik blog ini.

    Aku ucapkan good luck dan sukses saja untukmu kawan.
    Thanks

  1. etam grecek Says:

    kalo aku inginnya jadi semut raksasa biar lbh mantap,,klo semut kecil kerjasamanya oke tp sayang sering di injak'''...

  1. Rizky2009 Says:

    koordinasi dari semut bagus bgt, kerjasamanya, patut d contok filosofi semut

  1. BSI Says:

    wah betul tu, kerja sama untuk mencapai tujuan yang baik

  1. David Usman Says:

    ada anekdot dari temen saya, kalo org Indonesia memang gak bisa kerjasama. Contoh dalam Olah Raga... Olah raga yg dikuasai n dimenangi oleh org Indonesia adalah olah raga individu, spt Catur, Badminton (single), dll. Kl dah soal kerjasama, spt sepakbola, dll pasti kalah... bener gak sih?

  1. cellular Says:

    semut yang kecil aja bisa kompak dan kerjasama, emang seharusnya manusia mengambil contoh dari kerjasama seperti semut.

  1. aguestri Says:

    Keren sobat artikelnya, ispirasi ternyata bisa datang dari mana adja. Salut buat kamu sobat, eh follow balik ya :)

  1. akhatam Says:

    Wahh betuull ituu!! perluu ditiru dan di contoh, tapi ada jelekya juga lo semut itu, yaitu suka menumpuk2 harta..

  1. cara mengatur keuangan Says:

    semut yg kecil ja udh disarankan buat d tiru,..
    nah kt manusia gmn ,..?

  1. Ferdinand Says:

    Bener bgt tuh Sob...semut aja pada mau tertib ya, udah gtu solid kerjasamanya masa kita kalah hhe......kayanya emank makhluk yang diciptain Tuhan seperti hewan yg sering kita anggap remeh justru bisa ditiru tuh Sob......

    Nice....

  1. Pak Liek Says:

    simbiosis mutualisme ada uang kami jalan ... simbiosis mutualisme yang ada sekarang ini ....

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.