FENOMENA PERKEMBANGAN MUSIK DANGDUT | MIXED FRESH INFO

FENOMENA PERKEMBANGAN MUSIK DANGDUT

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 04 Mei 2010, under , , , , , | 7 komentar
Ada yang masih inget dengan lagunya Begadang yang dipopulerkan oleh Rhoma Irama?? Apakah aliran musik yang dianut oleh Rhoma Irama sebagai penyanyinya? Ya dangdut aliran musiknya Rhoma Irama. Tapi tahukah teman-teman bahwa sebenarnya dangdut itu berasal dari suara tabla yang dalam dunia dangdut disebut gendang yang memiliki suara khas dang dan ndut, sehingga lama kelamaan menjadi dangdut. Dangdut merupakan salah satu aliran musik yang berkembang dengan subur di Indonesia dan mungkin juga merupakan musik asli Indonesia. Dangdut pula diakui sebagai musik yang membawa aspirasi kalangan masyarakat kelas bawah dengan segala kesederhanaan dan kelugasannya. Ciri khas ini tercermin dari lirik serta bangunan lagunya. Gaya pentas yang sensasional tidak terlepas dari nafas ini. Perkembangan musik dangdut di Indonesia pada saat ini sudah memiliki pangsa pasar yang tidak lagi hanya pada kalangan masyarakat bawah atau pinggiran saja. Kini beberapa musisi papan atas seperti Ahmad Dhani dan Grup band Ungu sudah mulai melirik musik dangdut dengan mengajak bergabungnya Dewi Persik ke dalam Republik Cinta Management dan duet grup band ungu dengan Iis Dahlia. Bahkan Ahmad Dhani menciptakan aliran musik rock'n dut buat iklan salah satu minuman ringan.
Selain itu dapat dilihat dari penggunaan musik dangdut untuk menarik massa ketika masa kampanye yang telah berlangsung beberapa waktu lalu, selalu muncul di setiap acara hiburan bahkan tempat hiburan maupun diskotek pun ada yang khusus memutarkan lagu dangdut. Tidak hanya itu saja bahkan ada beberapa stasiun radio yang menyatakan dirinya sebagai stasiun radio dangdut. Kualitas penyanyi dangdut saat ini tidak perlu diragukan lagi hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya kontes penyanyi lagu dangdut yang diadakan dan semakin seringnya konser musik dangdut dilaksanakan. Beberapa penyanyi dangdut juga telah melakukan konser di luar negeri diantaranya Inul Daratista, Ikke Nurjanah, Liza Natalia, dan Rhoma Irama. Dari musik dangdut inilah muncul kreasi unik berupa goyangan dari para penyanyinya sehingga muncullah istilah goyang ngebor, goyang gergaji, goyang patah-patah dan masih banyak lagi goyangannya. Tapi inti dari dangdut itu bukan dari goyangannya melainkan bagaimana kita menghargai karya musik dalam negeri. Dengan menghargai musik dalam negeri berarti kita ikut melindungi aset budaya kita. Jadi jangan biarkan kita menjadi penonton musik di negeri kita sendiri. Seperti yang diungkapkan oleh Project Pop dengan judul lagu "Dangdut is the music of my country". Bagaimana dengan teman-teman apakah menyukai aliran musik yang satu ini??

One Response to "FENOMENA PERKEMBANGAN MUSIK DANGDUT"

  1. BSI Says:

    Salut sih buat perkembangan musik dangdut akhir-akhir ini, mengalami perkembangan yang cukup pesat, apalagi ada regenerasi baru yang bisa diterima oleh anak muda kaya Ridho Rhoma n Sonet2 band

  1. tomo Says:

    moga makin jaya musik dangdut di tanah air ini.

  1. uswah Says:

    Lagunya Rhoma enak di dengar sob

  1. healthy guidelines Says:

    Musik sebagai identitas bangsa PERLU dijaga dan dilestarikan..

  1. Butik Bella Says:

    kalau saya senang dengar lagu anaknya Rhoma Irama sob.. Ridho Rhoma.. hehehe

  1. akhatam Says:

    Wah mantapp.... walau ane gak suka ndang dan dut.. hehhehe

  1. mulyana Says:

    betul banget ,,,,,,,,my brow catatan ini yang kamu buat aku post di catatan orkes dangdut,,thnks bgt nice post,,,

    http://www.facebook.com/note.php?created&&note_id=154882601218013&id=160989353924827#!/pages/Orkes-dangdut/160989353924827

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.