TIPS MENGHINDARI PEMBIUSAN SAAT ARUS MUDIK LEBARAN | MIXED FRESH INFO

TIPS MENGHINDARI PEMBIUSAN SAAT ARUS MUDIK LEBARAN

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 22 Agustus 2011, under , | 0 komentar
Pembiusan adalah salah satu modus kejahatan yang populer selama musim mudik dan balik Lebaran. Pelaku umumnya mengincar pemudik yang menggunakan kendaraan umum terutama bus. Banyak cara pelaku membius sasarannya, lalu menguras seluruh harta benda milik korban yang tak sadarkan diri akibat terkena pengaruh obat bius.

Kebanyakan pembiusan bermula karena korban tidak menaruh curiga terhadap orang asing yang baru dikenalnya, karena berlaga baik dan menawarkan sesuatu minuman atau makanan. Atau menawarkan tisu basah yang sudah dibubuhi obat bius. Tapi beberapa kasus, ada pelaku yang nekat membius korbannya dengan menyemprotkan parfum yang ditawarkannya.

Ada beberapa tips untuk terhindar dari pembiusan diantaranya :
  • Jangan lekas percaya kepada orang yang sama sekali belum dikenal.
  • Pemudik harus banyak berzikir. Kalau bisa jangan melakukan perjalanan jauh sendirian. Kemudian satu sama lain saling mengingatkan. Sebab, biasanya pelaku mengicar pemudik yang pergi sendirian.
  • Jangan mudah menerima makanan atau minuman kaleng. Sebaiknya, pemudik membawa makanan dan minuman sendiri, atau membelinya di tempat aman.
  • Kenali modus-modus pelaku pembiusan. Pelaku biasanya beraksi di tempat yang ramai pemudik. Modus operandinya berpura-pura mengajak bicara. Setelah merasa akrab, pelaku biasanya menawarkan minuman kaleng atau makanan yang sudah diberi obat tidur. Modus lainnya yaitu menyamar sebagai penjual teh dan menggunakan wanita cantik yang berpura-pura menjadi SPG. Begitu korban disuruh mencium aroma teh yang ditawarkan di atas bus atau tempat-tempat umum dan dituruti, tak berselang lama kemudian pasti jatuh pingsan. Modus yang juga digunakan adalah modus pembiusan lewat parfum ini tentunya berbeda cara dengan aksi pembiusan dengan memberi minuman, makanan, ataupun menepuk. Pelaku berpura-pura menjadi penjual parfum. Modus yang terakhir adalah bius menggunakan asap rokok tembakau yang dicampur biji atau bunga kecubung.
  • Segeralah laporkan ke kantor polisi atau ke posko keamanan terdekat. Berikut nomor-nomor telepon sementara yang bisa dijadikan layanan pengaduan:

    1. Direktorat Reserse Kriminal Umum: 0215234240, 081316161688
    2. Kejahatan dan Kekerasan: 0215234230, 0215234491
    3. Direktorat Reserse Kriminal Khusus: 021523077
    4. Piket Pelayanan Markas Kecelakaan Lalin Pancoran: 02198898845, 083870006161
    5. TMC Lalu Lintas: 021-5275090
    6. Posko Road Safety: 021-5234115
    7. Direktorat Reserse Narkoba : 021-5234080
    8. Bidang Humas : 021-5234017
Biasanya obat bius yang digunakan jenis benzodiazepin atau obat golongan psikotropika. Obat ini biasa diberikan kepada penderita depresi untuk penenang. Efek dari obat ini menimbulkan rasa kantuk, pusing, nyeri kepala, mulut kering, dan rasa pahit di mulut.

One Response to "TIPS MENGHINDARI PEMBIUSAN SAAT ARUS MUDIK LEBARAN"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.