DAFTAR MAKANAN BERBAHAYA | MIXED FRESH INFO

DAFTAR MAKANAN BERBAHAYA

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 11 Agustus 2011, under , | 0 komentar
Bulan Ramadan telah datang beberapa hari. Pusat-pusat perbelanjaan diserbu pembeli yang berbelanja berbagai macam kebutuhan pokok. Hal inilah yang membuat beberapa pihak memanfaatkan momentum bulan ramadhan untuk mencari keuntungan dengan cara menjual dan mengedarkan makanan berbahaya. Ini bukan tanpa bukti karena Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan puluhan makanan yang mengandung zat berbahaya dan makanan impor yang tidak memiliki izin edar, dari sejumlah pusat belanja.

Dalam sidak yang dilakukan BPOM ditemukan makanan mengandung zat rhodamin di kemasan kerupuk asinan, dan mie basah mengandung borax, serta dua jenis makanan tidak memiliki izin edar. Selain itu, ditemukan juga enam jenis makanan yang tidak terdapat bahasa Indonesia, dan lima jenis makanan tidak memiliki izin edar. Di beberapa tempat juga ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya diantaranya Pacar Cina yang biasanya dicampur untuk makanan kolak, makanan ini positif mengandung rhodamin. Mie basah yang biasanya digunakan untuk bahan dasar mi goreng atau bahan tambahan Pempek yang positif mengandung formalin dan metan yellow.

Sementara itu, kerupuk mi dan kue mangkok yang berwarna merah muda mengandung zat rhodamin. Cara mengecek bahan makanan berformalin, cukup dengan cara memegangnya, bila terasa agak kenyal maka makanan itu terindikasi formalin. Selama dua minggu terakhir, BPOM telah mengambil sampel terhadap 670 makanan, dimana 35 persennya mengandung bahan berbahaya.

One Response to "DAFTAR MAKANAN BERBAHAYA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.