BUMN BANGKRUT | MIXED FRESH INFO

BUMN BANGKRUT

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 12 Agustus 2011, under , | 0 komentar
BUMN bangkrut?? Apa iya benar informasi yang menyebutkan BUMN bangkrut? Padahal BUMN merupakan badan usaha milik negara yang semestinya jarang dikatakan bangkrut karena kepemilikannya yang dimiliki oleh pemerintah. BUMN yang dinyatakan bangkrut oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara adalah PT Istaka Karya. PT Istaka Karya dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta. Selama ini, Istaka Karya merupakan perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang konstruksi. Awalnya Istaka Karya bernama PT Indonesian Consortium of Construction Industries (ICCI) yang berdiri atas 18 perusahaan konstruksi di Indonesia. Istaka Karya sempat mencatat prestasi ketika berhasil menangani berbagai proyek di Arab Saudi senilai US$300 juta.

Kondisi perusahaan konstruksi pemerintah tersebut memang sedikit berat. Saat ini arus kas perusahaan dan pekerjaan yang ditangani Istaka Karya banyak yang mengalami gangguan. Untuk pelaksanaan pailit, pemerintah mengaku telah menyiapkan sejumlah langkah untuk terkait hal-hal yang perlu ditangani sehubungan keputusan pemailitan tersebut. Salah satunya adalah meminta PT Waskita Karya Tbk untuk melanjutkan sejumlah proyek yang sebelumnya digarap oleh Istaka Karya.

Kendati pengadilan dan pemerintah telah sepakat untuk memailitkan Istaka, Kementerian BUMN mengaku masih mempersilakan perusahaan pelat merah tersebut untuk mengajukan peninjauan kembali. Kalaupun nantinya PK tersebut ditolak, kementerian tetap akan menerima keputusan pailit Istaka Karta.

Dengan pemailitan Istaka Karya tersebut, pemerintah saat ini hanya memiliki sekitar 140 BUMN. Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaporkan 17 BUMN sepanjang tahun 2010 diperkirakan mengalami rugi bersih dengan total mencapai Rp700,59 miliar. BUMN yang mengalami rugi terebesar adalah PT Askrindo (Persero) yaitu Rp224,5 miliar.

One Response to "BUMN BANGKRUT"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.