NEGARA SUDAN SELATAN | MIXED FRESH INFO

NEGARA SUDAN SELATAN

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 11 Juli 2011, under , | 2 komentar
Ketua Parlemen Sudan Selatan memproklamasikan kemerdekaan negara yang baru muncul itu pada tanggal 9 Juli 2011, yang menandai kelahiran negara terbaru di dunia sekaligus memecah negara terbesar di Afrika jadi dua. Proklamasi kemerdekaan itu, dibacakan oleh James Wani Igga di hadapan puluhan kepala negara dan utusan negara asing serta puluhan ribu orang Sudan Selatan. Proklamasi kemerdekaan itu mengukuhkan ciri demokratis, multi-etnik dan banyak pengakuan negara baru tersebut, dan komitmennya untuk memiliki hubungan bersahabat dengan semua negara "termasuk Republik Sudan". Adapun presiden pertama negara Sudan Selatan ini adalah Salva Kiir Mayardit.

Referendum Sudan Selatan berhasil membawa Sudan Selatan menjadi negara ke-54 di benua hitam Afrika. Referendum ini dimenangkan secara mutlak oleh pro pemisahan Sudan Selatan dari Sudan dengan perolehan suara mencapai 98,81 persen. Referendum ini merupakan implementasi dari Perjanjian Damai yang dikenal dengan Comprehensive Peace Agreement atau Naivasha Agreement, yang ditandatangani oleh Pemerintah Sudan dan kelompok pemberontak Sudan Selatan (SPLM) pada 9 Januari 2006.

Pemerintah Republik Indonesia
telah menyatakan pengakuannya terhadap kemerdekaan Republik Sudan Selatan berdasarkan tiga alasan diantaranya :
  1. Selain Indonesia, tidak kurang dari 17 kepala negara, lebih dari 30 pejabat setingkat menteri, dan puluhan Dubes asing yang terakreditasi di Sudan, serta pimpinan sejumlah organisasi internasional dan regional termasuk PBB, Uni Eropa, Liga Arab dan Uni Afrika, hadir dalam proklamasi tersebut.
  2. Sekretatis Jenderal PBB, Ban Ki-moon dan Presiden Majelis Umum PBB dalam sambutannya terkait proklamasi itu menyatakan bahwa dalam waktu dekat, negara itu akan langsung diterima menjadi Negara anggota PBB yang ke 194.
  3. Sudan Utara sendiri telah mengakui kemerdekaan bekas wilayahnya tersebut dengan kehadiran Presiden Sudan Omer Hassan Ahmed El-Bashir dan sejumlah menteri dari Sudan Utara pada acara dimaksud.

One Response to "NEGARA SUDAN SELATAN"

  1. joe Says:

    hm, pasti kabar bagus buat yang mengincar posisi dubes di sana

  1. Tomo Says:

    Sudan merdeka

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.