INDIKASI FUEL PUMP BERMASALAH | MIXED FRESH INFO

INDIKASI FUEL PUMP BERMASALAH

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 06 Juli 2011, under , | 0 komentar
Kabar pompa bahan bakar atau fuel pump bermasalah kembali marak di berbagai media otomotif beberapa hari lalu. Sejumlah mobil merek tertentu disebut-sebut mengalami masalah pada peranti tersebut. Padahal tidak semua mobil mogok disebabkan karena fuel pump yang bermasalah. Nah berikut ini cara mendeteksi fuel pump yang bermasalah berdasarkan tempo interaktif :
  • Mesin mati total
Tanda yang paling sering atau paling banyak ditemui pemilik mobil yang pompa bahan bakarnya bermasalah adalah saat diaktifkan, mesin tidak bisa konstan. “Pada kecepatan atau tingkat putaran mesin tinggi (RPM tinggi), tiba-tiba mesin tersendat dan kemudian mati. Hal itu terjadi karena fuel pump tersebut tersumbat kotoran. Jadi, asupan bahan bakar ke ruang bakar juga tersendat atau bahkan berhenti. Perbedaan dengan mobil yang mogok karena faktor sistem kelistrikan adalah mobil yang mengalami masalah pada fuel pump mesinnya sulit atau tidak bisa diaktifkan lagi walaupun sistem kelistrikan telah dibenahi.
  • Sekring fuel pump terbakar atau putus
Untuk mengetahui kondisi sekring ini cukup mudah yakni dengan melihat apakah ada bekas terbakar. Sekring terbakar karena peranti itu harus melipatgandakan arus listrik untuk menopang kinerja fuel pump. Padahal, pada saat yang bersamaan, fuel pump tersumbat oleh kotoran sehingga kerja sekring pun semakin berat meski arus listrik tambah berlipat sehingga terbakar dan putus.
  • Tes melalui karburator
Bagi mobil yang menggunakan peranti karburator, bisa dideteksi apakah mobil mogok karena fuel pump atau faktor lain melalui pengujian di karburator dengan cara melakukan penyemprotan carburetor cleaner. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui apakah fuel pump masih menyalurkan bahan bakar atau tidak. Tandanya, bila setelah disemprot cairan itu mesin bisa hidup, namun tidak lama kemudian mati. Mesin bisa hidup sementara karena mendapatkan semprotan carburetor cleaner yang mengandung bensin. Mesin bisa hidup hanya dari carburetor cleaner itu, sementara dari bawah atau dari fuel pump aliran bahan bakar mampet.

Cara mencegah fuel pump bermasalah bisa dilakukan dengan 3 cara diantaranya :
  1. Jangan pernah membiarkan tangki bahan bakar kosong. Disarankan agar para pemilik mobil segera mengisi bahan bakar saat volumenya tinggal seperempat tangki.
  2. Menguras tangki bahan bakar secara teratur. Disarankan menguras tangki paling tidak lima tahun setelah pemakaian bagi mobil baru dan dua tahun buat mobil lama. Selain menghilangkan kotoran yang ada di tangki, menguras juga membersihkan unsur-unsur kimia lain, termasuk bakteri yang ada di dasar tangki. Terlebih bagi mobil yang tangki bahan bakarnya kerap kosong atau terlambat mengisi bahan bakar.
  3. Mengisi bahan bakar di waktu yang tidak tepat. Contohnya saat Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) tengah atau baru mengisi bungker bahan bakar atau di siang hari yaitu di saat banyak orang mengisi bahan bakar kendaraan. Disarankan untuk mengisi bahan bakar saat udara dingin atau saat SPBU tidak sedang mengisi atau beberapa saat setelah mengisi bungker.

One Response to "INDIKASI FUEL PUMP BERMASALAH"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.