CARA TUNE UP MURAH MOBIL | MIXED FRESH INFO

CARA TUNE UP MURAH MOBIL

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 11 Juli 2011, under | 0 komentar
Tune up atau mengembalikan performa mobil perlu dilakukan agar sistem pembakaran di ruang bakar kembali sempurna. Tune up bisa dilakukan sendiri sehingga biaya yang dikeluarkan pun lebih murah dibandingkan membawanya ke bengkel.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tune up mobil diantaranya :
  • Bersihkan saringan udara
Membersihkan saringan atau filter udara dengan cara melepaskan peranti itu dari wadahnya, kemudian gunakan kompresor atau peranti lain yang memiliki tekanan angin tinggi. Bisa juga dengan menggunakan kuas lembut berukuran serempat. Kemudian bersihkan kotoran yang menempel pada sel-sel saluran udara tersebut. Setelah itu, gunakan kipas angin dan tekan tombol ukuran embusan angin tertinggi. Hal itu dimaksudkan agar kotoran yang masih menempel hilang.
  • Bersihkan busi
Langkah selanjutnya adalah membersihkan busi karena komponen ini berguna untuk proses pembakaran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin sebagai pemantik api. Selain membersihkan sumbu dan kepala busi dengan menyikatnya, sebaiknya tingkat kerenggangan juga diatur kembali. Bila busi telah aus, sebaiknya diganti karena pemakaian busi yang ideal adalah 20–25 ribu kilometer. Sebelum memasang kembali busi ke tempatnya, semprot lubang busi dengan menggunakan carbon cleaner. Hal itu dimaksudkan untuk membersihkan kerak atau sisa-sisa pembakaran di lubang tersebut.
  • Bersihkan karburator atau injektor
Membersihkan karburator dengan cara membuka mur dan baut karburator, kemudian buang sisa bahan bakar yang ada. Gunakan kuas lembut berukuran kecil untuk menghilangkan kotoran yang ada, lalu bilas bagian-bagian atau komponen yang ada di peranti itu dengan menggunakan bensin atau solar. Setelah bersih, pasang kembali atur kerenggangan klep, pelampung, serta pastikan lubang karburator tak tersumbat. Bila mobil Anda telah menggunakan injektor, maka lepas filter udara yang menuju ke Thtrottle Body (TB). Pada saat bersamaan, hidupkan mesin mobil dan semprotkan injector cleaner ke throttle tersebut.
  • Melakukan entakan tekanan ke ruang bakar
Cara untuk melakukan entakan ke ruang bakar yakni dengan menghidupkan mesin mobil. Kemudian, injak pedal gas hingga tingkat paling dalam atau ketika jarum penunjukan RPM (tingkat putaran mesin per menit) menunjukkan posisi tertinggi atau redline. Cara itu untuk merontokkan kerak atau kotoran di saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin sehingga proses pembakaran bisa kembali sempurna. Setelah itu, biarkan mesin tetap menyala dan dalam kondisi stationer atau tetap langsam. Bila telah berlangsung 5–10 menit, Anda bisa mematikannya dan proses tune up pun selesai.

One Response to "CARA TUNE UP MURAH MOBIL"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.