TIPS PERAWATAN SLIDING DOOR MOBIL | MIXED FRESH INFO

TIPS PERAWATAN SLIDING DOOR MOBIL

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 20 Juni 2011, under | 0 komentar
Pintu geser atau sliding door memberikan kemudahan dan kepraktisan akses keluar masuk kendaraan bagi penggunanya. Tapi, potensi kerusakan pintu jenis ini juga lebih besar ketimbang pintu konvensional yang buka tutupnya mengarah ke arah depan. Masalah yang sering terjadi pada pintu geser adalah komponen yang cepat aus dan kotoran yang menghadang laju gerak.

Berikut tips perawatan sliding door mobil :
  • Rel dan bearing
Penyebab sliding door macet dan menimbulkan bunyi ketika dibuka adalah rel dan bearing pintu yang aus atau kering serta kotor. Pintu geser pada umumnya mempunyai dua rel. Rel pada bagian atas umumnya dari bahan plastik yang berfungsi untuk menjaga pintu agar tetap pada jalurnya. Bagian bawah, terbuat dari bahan besi yang berfungsi sebagai rel jalur roda sekaligus penahan pintu.

Agar pintu terhindar dari macet atau seret lakukan pelumasan secara rutin dengan menggunakan pelumas khusus. Rel bagian atas bisa menggunakan cairan silikon yang cocok untuk bahan dari plastik. Adapun pada bagian bawah yang terbuat dari besi gunakan pelumas grease atau gemuk low temperature.
  • Cegah karet pintu rusak
Masalah selanjutnya adalah apabila karet pintu sobek atau bermasalah karena karet yang sobek terutama saat hujan dapat menjadi celah masuk bagi air sehingga menyebabkan laju gerak pintu menjadi seret. Pasalnya, rel maupun bearing yang terkena air dari hujan maupun kala mobil di cuci akan berkarat.
  • Jangan menutup pintu dengan keras
Penyebab lainnya yakni benturan yang keras dapat menyebabkan pengait pintu dol atau tidak bisa mengunci dengan sempurna. Sementara bagi mobil yang telah menggunakan pintu geser yang bekerja secara elektronik, agar tidak terlalu sering membuka pintu. Pasalnya, tingkat sensitivitas sensor elektronik yang bekerja untuk memberikan perintah buka tutup bisa berkurang sehingga gerakan pintu bisa terkesan lambat atau seret.

One Response to "TIPS PERAWATAN SLIDING DOOR MOBIL"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.