Penyedia perangkat keamanan jaringan terkemuka dan pemimpin solusi “Unified Threat Management (UTM)” Fortinet mengumumkan rilis terbaru FortiOSnya ™ 4.0 MR3 yang merupakan sistem operasi dari FortiGate yaitu perangkat keamanan terpadu untuk jaringan. FortiOS 4.0 MR3 diluncurkan sebagai pelengkap dari peluncuran Perangkat Nirkabel FortiAP-220B dan Perangkat Otentikasi Token FortiToken-200.

Kemajuan besar teknologi yang ditawarkan dalam sistem operasi FortiOS4.0 MR3 adalah memperkenalkan penambahan wireless controller yang mendukung pemasangan wireless access point secara otomatis, mendeteksi dan melimitasi rogue access point, metode otentikasi ganda dan memperkuat manajemen terpadu baik jaringan kabel maupun nirkabel dari satu FortiGate.

Upgrade sistem operasi ini juga memperkenalkan active profiling dan flow-based threat inspection yang lebih baik dimana sudah mengintegrasikan firewall, virtual private network (VPN), pencegahan intrusi (IPS), antivirus, pengendalian aplikasi (application control) dan banyak teknologi keamanan jaringan lainnya.

Perkembangan sistem operasi penting yang lain di dalam FortiOS4.0 MR3 adalah Stronger Authentication atau Otentikasi dua faktor dengan menggunakan FortiToken, SMS dan email tersedia pada fitur ini. Expanded Compliance atau Penambahan kemampuan untuk “vulnerability scanning” telah ditambahkan untuk mendukung pendeteksian (detection) dan pembatasan gangguan (suppression) dari “rogue access point” pada jaringan Nirkabel, dan Setup Wizards yaitu Wizard baru yang berbasiskan HTML untuk pengkonfigurasian awal setiap perangkat keamanan terpadu FortiGate.

Sumber : antara