PILKADA WALIKOTA YOGYAKARTA | MIXED FRESH INFO

PILKADA WALIKOTA YOGYAKARTA

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 01 Juni 2011, under , | 1 komentar
Sri Sultan HB X menyatakan netral, namun adik Sri Sultan HB X GBPH Prabukusumo, menyatakan dukungannya terhadap salah satu bakal calon Walikota Haryadi Suyuti dalam pemilihan Walikota Yogyakarta mendatang. Menurut Prabukusumo, dukungan tersebut didasari oleh tekad Haryadi yang pro penetapan dalam RUUK. Dukungan tersebut tidak mengatasnamkan keraton, tetapi pribadi. Namun, Prabukusumo berharap keluarga keraton, secara pribadi masing-masing, juga mengkuti langkahnya. Prabukusumo juga mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak termakan politik uang yang dilakukan oleh masing-masing calon.

Pemilihan walikota akan diikuti oleh dua bakal calon yang sudah dipastikan kuat bakal mendaftar sebagai calon wali kota. Yakni Haryadi Suyuti, sekarang wakil Walikota Yogyakarta, dan Hanafi Rais, putra dari Amien Rais. Tanggal 31 Mei 2011 pasangan Ahmad Hanafi Rais dan Tri Harjun Ismaji menjadi bakal calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta pertama yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta. Pasangan ini didukung 13 partai, termasuk di antarannya 4 parpol besar, yaitu PAN, Partai Demokrat, PPP, dan Gerindra.

Ketiga belas partai yang mendukung pasangan ini mempunyai jumlah suara 107.423 (52,60%) pada pemilu tahun 2009 kemarin. Jika dihitung dalam jumlah kursi di DPRD Kota Yogyakarta, jumlah tersebut setara dengan 19 kursi (47,5%). Anggota KPU Kota Yogyakarta Tito Haryanto mengatakan, pihaknya akan memverifikasi kelengkapan surat pendaftaran pasangan Ahmad Hanaf Rais dan Tri Harjun Ismaji. Jika nanti ada kekurangan, pihak pasangan bakal calon tersebut diberi kesempatan untuk melengkapi berkas mereka 7 hari setelah surat pemberitahuan dari KPU Kota Yogyakarta dikirimkan. Pasangan tersebut akan otomatis gugur jika mereka tidak melengkapi berkas mereka yang kurang.

Sementara, Ahmad Hanafi Rais mengungkapkan, pasangan ini akan melanjutkan keberhasilan program-program Wali Kota sebelumnya, Herry Zudianto. Program tersebut antara lain yakni Kartu Menuju Sejahtera tidak boleh dicabut, wajib belajar 12 tahun harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya, jaminan kesehatan semesta harus didorong agar bisa terwujud untuk seluruh warga Kota Yogyakarta.

Sumber : Politik Indonesia

One Response to "PILKADA WALIKOTA YOGYAKARTA"

  1. I-one Says:

    Moga aja PIlkadanya berlangsung dengan aman dan temang,dan gak pakai uang buat nyongok masyarakat

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.