PERAN INDONESIA DALAM PERLINDUNGAN BURUH / PEKERJA RUMAH TANGGA | MIXED FRESH INFO

PERAN INDONESIA DALAM PERLINDUNGAN BURUH / PEKERJA RUMAH TANGGA

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 12 Juni 2011, under , , | 0 komentar
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan berpidato dalam acara konferensi Internasional Labour Organization (ILO) di Jenewa, Swiss, tanggal 14 Juni 2011 dengan topik utama domestic workers, pekerja rumah tangga.

SBY akan memaparkan pandangan bangsa Indonesia, terutama langkah yang telah ditempuh Indonesia dalam memajukan kelompok buruh yang sinergis dengan pengusaha dan pemerintah. Meskipun undang-undang mengenai pekerja rumah tangga itu sendiri belum rampung di parlemen, namun pemerintah dan dewan telah melakukan upaya-upaya mengelolanya dengan baik.

Selain berbicara di acara ILO, SBY juga akan bertemu Wakil Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan beberapa pejabat yang menangani masalah bencana alam dan pimpinan World Health Organization (WHO). Ini terkait karena beberapa minggu yang lalu SBY menerima penghargaan dari PBB atas perannya menangani bencana alam.

Soal pembantu rumah tangga, pada 5 April 2011, sebanyak 162 WNI yang tergabung dalam komite aksi pekerja rumah tangga mengajukan gugatan kepada pemerintah dan DPR RI. Isinya, negara dianggap gagal dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak pekerja rumah tangga, domestik maupun migran. Sebagai pihak tergugat adalah Presiden RI, Wapres, Menlu, Menkumham, BNP2TKI, dan DPR RI. Para penggugat minta pihak tergugat membuat peraturan UU yang melindungi pembantu rumah tangga dan pekerja migran.

Kemudian SBY akan melanjutkan lawatannya ke Jepang bertemu Kaisar Akihito dan Perdana Menteri Jepang, Naoto Kan serta menengok lokasi bencana tsunami. SBY akan berada di Jepang selama dua hari.

One Response to "PERAN INDONESIA DALAM PERLINDUNGAN BURUH / PEKERJA RUMAH TANGGA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.