PENYEBAB AC MOBIL RUSAK | MIXED FRESH INFO

PENYEBAB AC MOBIL RUSAK

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 21 Juni 2011, under | 0 komentar
Piranti pendingin ruangan kendaraan (AC) memiliki banyak manfaat di semua musim baik itu musim hujan atau panas. Soalnya bisa membuat pengemudi menjadi aman dan nyaman. Tapi bagaimana jika piranti pendingin ruangan kendaraan tidak berfungsi sebagaimana mestinya walaupun freon masih penuh?

Jika terjadi kasus AC mobil tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh kompresor AC yang rusak atau bermasalah. Karena kompresor berfungsi sebagai pompa untuk sistem AC mobil yang beroperasi secara elektrik dengan baruan arus listrik bertegangan 12 volt. Tekanan dari kompresor itulah yang mengirim freon ke sistem AC.

Berikut penyebab AC mobil rusak :
  • Pulley dan Pressure Plate Rusak
Mekanisme kerja kompresor sangat tergantung pada kondisi pulley dan pressure plate. Kompresor ini merupakan komponen yang berputar saat mesin mobil dan AC mulai diaktifkan. Peranti ini berfungsi untuk menyalurkan tekanan dari pressure plate untuk mengaktifkan kompresor agar menekan freon ke sistem AC. Bila keduanya aus, maka putaran mesin untuk memberikan tenaga bagi kompresor untuk menekan freon yang diubah menjadi udara dingin menjadi tidak maksimal. Akibatnya, AC tidak dingin. Akibat lainnya, saat AC dihidupkan akan terdengar suara berisik karena gesekan antara pulley dan pressure plate kadang cepat dan kadang lambat.
  • Sekring putus
Bila sekring putus, maka tidak ada arus listrik yang mengalir ke kompresor sehingga semburan freon ke sistem AC pun tidak berlangsung.
  • Seal bocor
Seperti disebut di bagian atas, fungsi kompresor adalah memberikan tekanan atau memompa gas freon ke sistem AC untuk diubah menjadi hawa dingin. Agar tekanan tersebut benar-benar kuat, maka bagian-bagian kompresor tidak boleh bocor termasuk seal.

Seal merupakan salah satu bagian kompressor yang memiliki pelapis berupa karet. Oleh karena itu seal tersebut tidak boleh retak atau robek agar tidak menimbulkan kebocoran. Akibatnya, tekanan kompresor untuk menyemburkan gas freon ke sistem AC juga kurang kuat.
  • Oli kompressor habis atau berkurang
Oli memiliki fungsi yang cukup penting bagi sebuah kompresor karena bila cairan itu berkurang atau habis, maka proses kerja kompresor pun terganggu. Akibatnya, kompresor tidak mampu menghasilkan tekanan yang tinggi sehingga hawa dingin dari AC pun tidak tercipta.
  • Beberapa penyebab lain
Periksalah ring center pice, relay kompresor, kontrol tegangan thermostat, amply AC dan spul magnet AC.

Sumber : tempo

One Response to "PENYEBAB AC MOBIL RUSAK"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.