ISI PIDATO PRESIDEN SBY DALAM KONFERENSI BURUH INTERNASIONAL | MIXED FRESH INFO

ISI PIDATO PRESIDEN SBY DALAM KONFERENSI BURUH INTERNASIONAL

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 14 Juni 2011, under , | 1 komentar
Menjadi pembicara dalam Konferensi PBB soal perburuhan di Jenewa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikado tepuk tangan dan standing ovation dari seluruh peserta sidang yang memenuhi Palais de Nation. Ini adalah momen baru karena baru pertama Indonesia diundang sebagai pembicara kunci dalam konferensi seabad berdirinya Badan PBB soal buruh atau International Labour Organization (ILO).

Setidaknya ada enam Kepala Negara yang dihadirkan. Mereka adalah Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Finlandia Tarja Kaarina Halonen, Perdana Menteri Vladimir Putin, Presiden Jakaya Kikwete Mrisho, Presiden Swiss Micheline Calmy-Rey dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY diminta ILO untuk memberikan masukan dalam peringatan Konferensi yang bertema "Building a Future With Decent Work" karena dianggap berhasil mengelola masalah tenaga kerja pada krisis global 2008 sehingga tidak mengakibatkan gelombang pemutusan hubungan kerja. Hadir dalam acara ini para petinggi ILO, seperti Dirjen ILO Juan Somavia dan Presiden Konferensi Buruh Internasional Robert Nkili.

Dalam pidatonya, Presiden SBY menyampaikan 6 program prioritas Indonesia dalam menangani permasalahan bagi buruh. Enam program itu adalah bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi para buruh migran baik dari sektor kesehatan, perlindungan, hingga pendapatan. Keenam program prioritas dalam penanganan permasalahan buruh adalah :
  • Mempromosikan program pro-pertumbuhan, pro-pekerjaan, dan pro kemiskinan.
  • Menciptakan kebijakan dan strategi dengan visi yang baik yaitu harus pro pada lingkungan.
  • Kehormatan para pekerja harus dipromosikan dan dilindungi.
  • Membuat program kebijakan yang memberikan kesempatan bagi para pekerja agar bisa berpartisipasi di pemerintahan yang demokratis.
  • Perlu adanya kerjasama yang baik untuk memastikan efek positif dari era globalisasi.
  • Meminta semua negara-negara lain agar tidak hanya meratifikasi konvensi ILO, namun segera mengimpelementasikannya.

One Response to "ISI PIDATO PRESIDEN SBY DALAM KONFERENSI BURUH INTERNASIONAL"

  1. Gaphe Says:

    seneng juga ketika pimpinan negara kita memiliki pengaruh juga dii dunia internasional, melalui pidatonya berharap banyak yang terinspirasi

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.