GERHANA BULAN TOTAL | MIXED FRESH INFO

GERHANA BULAN TOTAL

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 13 Juni 2011, under , , | 0 komentar
Pada tanggal 15 Juni 2011 akan terjadi gerhana total bulan yang mulai terjadi di sebelah selatan Samudera India dan ini merupakan yang terkelam sejak tahun 2000. Gerhana ini akan terlihat mulai dari Afrika utara, Asia tengah, Timur Tengah, dan Australia barat. Pada periode ini bayangan bumi benar-benar tertutupi bulan dan akan berlangsung selama satu jam 40 menit.

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Gerhana bulan dibagi menjadi 3 jenis diantaranya :
  • Gerhana bulan total. Pada gerhana ini, bulan akan tepat berada pada daerah umbra ketika bulan masuk ke bayangan bumi dan tertutupi dari cahaya matahari yang menyinarinya. Saat bulan bergerak lebih dalam ke bayangan bumi, lingkaran akan berubah warna dari keperakan menjadi oranye atau merah. Ini disebabkan cahaya matahari tak langsung masih sampai ke bulan setelah melewati atmosfir bumi yang berwarna biru terang.
  • Gerhana bulan sebagian. Pada gerhana ini, tidak seluruh bagian bulan terhalangi dari matahari oleh bumi. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lain berada di daerah penumbra sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan.
  • Gerhana bulan penumbra. Pada gerhana ini, seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

One Response to "GERHANA BULAN TOTAL"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.