SEPEDA RAMAH LINGKUNGAN | MIXED FRESH INFO

SEPEDA RAMAH LINGKUNGAN

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 28 Mei 2011, under , , | 0 komentar
Berangkat dari hobi dan kepedulian terhadap lingkungan hidup, Yusman Ahmad Nur dan Anisa Naziha (15), siswa-siswi kelas X SMAN 10 Malang-Sampoerna Academy, menciptakan sebuah sepeda sederhana. Kelak, sepeda tersebut diharapkan dapat menjadi kendaraan alternatif pilihan yang efektif karena alat transportasi ini tanpa menggunakan bahan bakar.

Sepeda, yang oleh Yusman dan Annisa diberi nama e-cycle (environment cycle), itu menjadi unik karena menggunakan prinsip dalam jam pegas. Pegas spiral tersebut berfungsi sebagai penyimpan tenaga yang memungkinkan penggunanya menempuh jarak yang sama dengan jumlah kayuhan yang jauh berbeda dengan sepeda kebanyakan.

Lewat karya inovatifnya ini, Yusman dan Anisa dari SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy), Jawa Timur, menggondol medali emas untuk kategori High School (SMA) pada Dreamline 7th International Design Olympiade 2011, 9-10 April, di Ankara, Turki. Walau begitu, meski telah menjuarai beberapa lomba desain teknologi sains pelajar tingkat internasional, sampai saat ini e-cycle belum diberi hak paten.

One Response to "SEPEDA RAMAH LINGKUNGAN"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.