SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI 2011 | MIXED FRESH INFO

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI 2011

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 29 Mei 2011, under , , | 0 komentar
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis tahun 2011 siap digelar selama tiga hari ke depan, mulai tanggal 30 Mei 2011. Dari segi kesiapan, semua rektor PTN sudah persiapkan semuanya seperti pencetakan naskah soal-soal disebutnya sudah selesai dan siap dibagikan. Tempat ujian di setiap universitas juga telah dipersiapkan. Jumlah daya tampung secara nasional yakni sebanyak 110.149 kursi dari 60 PTN dengan jumlah pendaftarnya sebanyak 540.928 peserta dari tiga kelompok IPA, IPS, dan IPC.

Pada tahun ini jenis ujian dibedakan menjadi dua angkatan, yakni tahun 2009-2010 dan angkatan 2011. Pembedaan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penggunaan joki ujian. SNMPTN 2011 akan dilaksanakan melalui dua jalur. Pertama, jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik. Dan kedua, jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan. Untuk jalur undangan, sebanyak 53.970 kursi telah disiapkan. Apabila diketahui ada peserta yang menggunakan jasa joki, mereka akan diberikan sanksi, yakni tidak diluluskan dari ujian dan juga ada tindakan ke polisi karena termasuk tindakan kriminal. Panitia pun telah menyiapkan berbagai antisipasi penggunaan joki. Salah satunya adalah kepemilikan database peserta yang akan di-cross check saat ujian berlangsung dengan kartu yang dibawa peserta.

Jadwal ujian tertulis pada 30 dan 31 Mei 2011, berupa tes potensi akademik dan bidang studi dasar. Sementara, pada 1 Juni akan digelar tes bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada 3-4 Juni 2011. Hasil tes akan diumumkan pada 30 Juni.

One Response to "SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI 2011"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.