RENCANA KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK BERSUBSIDI | MIXED FRESH INFO

RENCANA KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK BERSUBSIDI

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 19 Mei 2011, under , , | 0 komentar
Menteri Keuangan mendesak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral segera melaksanakan program pembatasan subsidi dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Langkah ini diharapkan membatasi pembengkakan anggaran subsidi. Opsi menaikkan harga bahan bakar jenis premium, kata dia, dimungkinkan dalam Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Pemerintah mengatakan, kenaikan harga minyak dunia di atas US$ 100 per barel mempengaruhi sejumlah asumsi makro ekonomi APBN 2011. Pemerintah jugaberencana merevisi sebagian besar asumsi-asumsi tersebut, mulai dari asumsi harga minyak, lifting produksi minyak, nilai tukar rupiah, dan inflasi. Perubahan juga terjadi pada target penerimaan (sektor minyak dan gas) serta penambahan alokasi anggaran belanja tertentu, seperti subsidi energi.

Pelaksana tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, harga BBM bersubsidi, baik premium maupun solar, di Indonesia adalah yang terendah di kawasan Asia Timur dan Australia. Bahkan dibandingkan dengan Filipina, India, Malaysia dan Vietnam, tetap saja harga BBM di Indonesia jauh lebih murah.

Oleh karena itu negara-negara tersebut sudah tidak lagi memberi subsidi harga BBM. Mereka melepas harga BBM mengikuti harga internasional. Indonesia, meskipun memproduksi minyak, saat ini sudah menjadi nett importir (jumlah impor lebih banyak dari ekspor). “Perbandingan ini diharapkan bisa menjelaskan kepada masyarakat.” Bambang menambahkan, subsidi BBM tidak bisa dilepaskan dari realisasi produksi minyak (lifting) yang rendah. Dia memperkirakan, target produksi minyak tahun ini gagal mencapai target sebesar 970 ribu barel per hari. Selama periode Januari-April, rata-rata realisasi lifting minyak hanya mencapai 870 ribu barel per hari. Atau 7,7 persen lebih rendah dari tahun lalu.

One Response to "RENCANA KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK BERSUBSIDI"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.