TIPS MENCEGAH KEMATIAN SETELAH BEROLAHRAGA | MIXED FRESH INFO

TIPS MENCEGAH KEMATIAN SETELAH BEROLAHRAGA

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 05 Februari 2011, under , , | 0 komentar
Berita mengejutkan datang dari politikus sekaligus artis Adjie Massaid. Pria berusia 43 tahun tersebut meninggal akibat serangan jantung setelah bermain futsal, sabtu dini hari. Padahal seharusnya olahraga membuat badan semakin sehat. Mengapa itu bisa terjadi dan bagaimana menghindari itu?

Adjie Massaid bukan artis pertama yang diketahui meninggal setelah berolahraga. Sebelumnya, aktor kawakan Benyamin Sueb juga wafat karena serangan jantung usai bermain bola pada 5 September 1995. Selain itu, pelawak Basuki meninggal setelah bermain futsal pada 12 Desember 2007. Menurut dokter spesialis kesehatan olahraga, Michel Triangto Sp KO, mayoritas kasus kematian setelah berolahraga terjadi akibat serangan jantung, gangguan pembuluh darah, dan stroke sehingga semua olahraga memang bisa menimbulkan risiko menciptakan bahaya.

Michel mengatakan kemungkinan kasus kematian usai berolahraga terjadi karena orang tersebut tidak mengetahui batas kemampuan fisiknya. Ini disebabkan karena jantungnya mungkin sudah tidak sekuat dulu atau mungkin ada penyakit hipertensi atau kolesterol tinggi. Karena itu, Michel mengatakan sebaiknya orang-orang yang ingin berolahraga mencek dulu kemampuan fisiknya.

berikut tips untuk menghindari kematian setelah berolahraga :
  • Pola pikir harus diubah.

Menurut Michel, tidak ada kesehatan yang didapat secara instan. Olahraga itu harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan.

  • Periksa batas-batas kemampuan diri sendiri dengan memeriksa kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.

Menurut Michel, orang awam sebenarnya bisa memeriksa kesehatannya sendiri. Caranya dengan menghitung denyut nadi. Biasanya denyut nadi yang normal 60 kali per menit sampai 90 kali per menit. Michel juga memberi rumus untuk mengukur denyut nadi : 220 - usia dalam tahun= 100 persen. Artinya, jika usia Anda 40 tahun, maka denyut nadi Anda yang normal adalah 180 kali per menit. Denyut itu didapat dari 220-40.

  • Tidak semua olahraga berdampak baik untuk kesehatan jika dilakukan dengan salah.
Michel membagi olahraga menjadi dua diantaranya pertama olahraga prestasi dan permainan. Dalam olahraga seperti ini, istilah No Pain, No Gain bisa diterima. Olahraga ini biasa dilakukan para atlet karena dibutuhkan ketahanan fisik yang prima. Kedua, olahraga kesehatan. Olahraga ini contohnya seperti yoga, taichi, dan senam kebugaran.

Tapi kita kembali merenung bahwa kelahiran, jodoh, rejeki dan kematian merupakan takdir dari sang Pencipta.

One Response to "TIPS MENCEGAH KEMATIAN SETELAH BEROLAHRAGA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.