AKANKAH TERWUJUD SWASEMBADA PERTANIAN 2014 ? | MIXED FRESH INFO

AKANKAH TERWUJUD SWASEMBADA PERTANIAN 2014 ?

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 15 Januari 2011, under | 0 komentar
Sekretaris Menteri Pertanian Ir H Baran Wirawan mengatakan, pemerintah menargetkan swasembada pertanian pada 2014 terpenuhi sesuai harapan. Ini disebabkan karena ada beberapa komoditi pertanian yang ditargetkan mencapai swasembada pada 2014. Hal itu disampaikan sebelum membuka Musyawarah Wilayah Perhimpunan Petani dan Nelayan Sejahtera Indonesia (PPNSI) Aceh.

Menurut Sekretaris Menteri Pertanian, komoditi pertanian yang difokuskan meraih swasembada itu antara lain padi, jagung, dan tebu. Selain itu, pemerintah juga bertekad mencapai swasembada daging sapi. Guna mencapai swasembada atau usaha mencukupi kebutuhan sendiri, Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan kemampuan petani memproduksi hasil pertaniannya.

Salah satu upaya adalah membentuk kelompok tani di 10 ribu desa di seluruh Indonesia. Kepada setiap kelompok tani tersebut dibantu permodalan dalam bentuk uang tunai Rp100 juta. Program ini sudah berjalan sejak 2008 dan telah dikucurkan dana hingga Rp3 triliun. Bantuan modal usaha ini sebagai upaya mencapai swasembada pertanian. Selain program swasembada, pemerintah juga memfokuskan diversifikasi pangan. Tujuannya untuk mengembangkan produk pangan dalam negeri guna mengantisipasi kebutuhan beras yang semakin meningkat. Dengan meningkatnya kualitas produk pertanian tersebut akan memberi nilai tambah bagi petani di Indonesia, sehingga derajat ekonomi masyarakat terangkat. Swasembada pertanian ini merupakan peluang bagi petani kita menjadi pemain utama pasar dunia di tengah produksi pangan dunia yang kian menurun akibat pemanasan global.

One Response to "AKANKAH TERWUJUD SWASEMBADA PERTANIAN 2014 ?"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.