BUSYRO MUQODDA | MIXED FRESH INFO

BUSYRO MUQODDA

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 25 November 2010, under , , | 0 komentar
Akhirnya terjawab sudah siapa pengganti Antasari Azhar sebagai salah satu Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru yakni Busyro Muqodda. Ia merupakan Ketua merangkap anggota Komisi Yudisial periode 2005-2010. Busyro terpilih menjadi pimpinan KPK setelah mengalahkan rivalnya Bambang Widjojanto dalam pemungutan suara yang digelar Komisi Hukum DPR. Voting yang digelar Kamis 25 November 2010 siang ini, Busyro mengantongi 34 suara dari 55 suara yang diperebutkan. Sementara Bambang Widjajanto mengantongi 20 suara dan satu suara abstain.

Setelah voting ini, Komisi Hukum akan melanjutkan rapat dengan memilih siapa Ketua KPK mendatang. Jabatan itu akan diperebutkan oleh Busyro dan empat pimpinan KPK lain, Chandra M Hamzah, M Jasin, Bibit Samad Riyanto dan Haryono Umar. Busyro lahir di Yogyakarta, 17 Juli 1952, mengawali karier di bidang hukum pada 1983 sebagai Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Dan menjabat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia tahun 1986-1988.

Sebagai Dekan Fakultas Hukum UII, pria yang memperoleh gelar Magister Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada 1995 itu, menjadi delegator dekan-dekan Fakultas Hukum se-Daerah Istimewa Yogyakarta Ke DPR RI untuk menyampaikan Pokok-pokok Pikiran tentang RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya pada 1999. Busyro juga pernah menjadi anggota Dewan Kode Etik IKADIN Yogyakarta (1998-2000) dan anggota Dewan Etik ICM Yogyakarta (2000-2005).

One Response to "BUSYRO MUQODDA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.