BINTANG MERAH RAKSASA | MIXED FRESH INFO

BINTANG MERAH RAKSASA

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 19 November 2010, under , , | 1 komentar
Alam semesta masih meninggalkan misteri yang belum banyak terpecahkan oleh umat manusia. Saat ini kita hanya mengenal Bima Sakti dan planet-planet asing di luar tata surya atau yang biasa disebut planet ekstrasolar. Namun, kini sebuah planet terdeteksi diketahui berada di luar tepian galaksi yang mengorbit sebuah bintang yang tengah sekarat pada jarak 2000 tahun cahaya dari Bumi. Planet tersebut berukuran sedikit lebih besar dari Jupiter, planet terbesar di tata surya, dan sama-sama termasuk jenis planet gas panas. Ini sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Ilmuwan dari Max Planck Institute dimana kepala ilmuwannya ternyata astronom asal Indonesia yakni Johny Setiawan.

Johny Setiawan dan timnya berhasil mendeteksi lokasi bintang dan planet tersebut setelah memusatkan perhatian pada sebuah denyut gelombang di permukaan bintang akibat gaya gravitasi planet dan bintang yang sedang mengorbit. Mereka menggunakan teleskop yang dimiliki Laboratirum Selatan Eropa di Observatorum La Silla, Chile yang dibangun di ketinggian 2.400 meter dan terletak sekitar 600 kilometer utara ibukota Santiago.

Planet tersebut diberi nama HIP 13044 b. Sistem planet dan bintang tersebut diduga bagian dari arus helmi, sekelompok bintang yang tercerai-berai dari galaksi mini yang hancur setelah disedot galaksi Bima Sakti sekitar 6-9 miliar tahun lalu. Planet dan bintang tersebut juga diperkirakan tengah bergerak ke arah Bima Sakti sebelum melebur.

One Response to "BINTANG MERAH RAKSASA"

  1. joe Says:

    wah jangan-jangan ada penghuninya ya...

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.