BLACK DOLLAR | MIXED FRESH INFO

BLACK DOLLAR

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 21 Oktober 2010, under , , | 2 komentar
Kinerja aparat keamanan sepertinya layak diacungin jempol karena berhasil mengungkap kasus yang lumayan besar bagi dunia perbankan yakni penangkapan 6 orang tersangka atas tuduhan penggelapan uang perusahaan dengan modus untuk pencucian uang black dollar atau dolar hitam senilai Rp 30 miliar. Dan salah satu tersangka merupakan supervisor bank pemerintah di Jakarta. Awal mula kejahatan ini tersangka lainnya yang mendapat kiriman satu koper berisi black dollar atau dolar hitam dan menyampaikan niatnya kepada tersangka dua dan tiga untuk mencarikan donatur sehingga dananya bisa digunakan untuk membeli cairan dan membayar teknisi dalam hal ini CPR sehingga menghasilkan uang dolar asli.

Akhirnya pilihan pun jatuh pada supervisor bank tersebut yang tertarik bergabung karena diimingi keuntungan sebesar 15 persen dari nilai transaksi. Supervisor tersebut akhirnya menggunakan wewenang dan kekuasaannya untuk mengeluarkan sejumlah uang dari bank tempatnya bekerja sebanyak 121 kali pengiriman uang secara cepat atau real time gross settlement (RTGS) dengan total nilai sebesar Rp 30 miliar. Tetapi apa yang diharapkan supervisor bank tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang ada karena uang black dollar itu tidak pernah ada alias ia tertipu. Modus black dollar ini merupakan modus penipuan semata. Akhirnya para tersangka yang ditangkap dijerat dengan pasal 49 UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, pasal 3, pasal 6 UU No 25 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman minimal 15 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

Walaupun di beberapa bidang kinerja aparat keamanan masih menuai protes karena aksi kekerasan yang dilakukan ketika mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa dan masyarakat umum. Penjagaan yang dilakukan oleh pihak keamanan dalam menjaga aksi demonstrasi cenderung berakhir rusuh seperti yang terjadi kemarin ketika terjadi aksi unjuk rasa memperingati 1 tahun pemerintahan Presiden SBY dan Wakil Presiden Budiono di depan Istana Negara maupun aksi kerusuhan antaran mahasiswa Makassar dengan aparat kepolisian. Semoga kinerja aparat kepolisian ke depan memberikan hasil yang lebih baik lagi sehingga kepercayaan masyarakat akan kembali pulih dan wibawa POLRI tidak luntur.

One Response to "BLACK DOLLAR"

  1. ReBorn Says:

    pemecahan kasus ini cukup membanggakan. sebaiknya kinerja pemerintah bisa lebih baik di tahun kedua, periode kedua.

  1. Gaphe Says:

    black dollar itu yang kayak gimana sih @_@

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.