DEMAM BERDARAH DENGUE | MIXED FRESH INFO

DEMAM BERDARAH DENGUE

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 27 Juni 2010, under , | 26 komentar
Musim pancaroba selalu identik dengan muncul beberapa penyakit diantaranya demam berdarah dengue. Demam berdarah (DB) atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang ditemukan di daerah tropis, dengan penyebaran geografis yang mirip dengan malaria. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae. Demam berdarah yang ditularkan lewat nyamuk aedes aegypti ini memang disebabkan oleh virus. Dan, penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya, setelah masa kritisnya lewat. Jika tidak ditangani secara serius demam berdarah bisa menyebabkan pendarahan yang akhirnya kematian pun menjemput.

Pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita yaitu menjaga penyerapan makanan, terutama dalam bentuk cairan. Jika hal itu tidak dapat dilakukan, penambahan dengan cairan intravena diperlukan untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebihan. Transfusi platelet dilakukan jika jumlah platelet menurun drastis. Sedangkan pengobatan tradisional juga bisa dilakukan yakni dengan meminum jus jambu biji bangkok. Selain meminum jus jambu biji, daun jambu biji juga merupakan bahan yang paling bagus untuk menaikkan trombosit, sehingga perdarahan bisa dihindari. “Menurut penelitian, memberikan air rebusan jambu biji bisa menaikkan jumlah trombosit sampai 100.000/mm3 dalam tenggang waktu sekitar 16 jam (kompas.com).

Tetapi cara yang paling mudah agar terhindar dari penyakit demam berdarah yakni menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu antara lain :
  • Makan makanan yang mengandung gizi yang cukup.
  • Istirahat yang cukup
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar (Ingat 3M)
  • Melakukan pengasapan atau fogging dan menaburkan bubuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.

One Response to "DEMAM BERDARAH DENGUE"

  1. syahidacomputer Says:

    Pola hidup bersih dan sehat harus diterapkan oleh segenap lapisan masyarakat ..... Ayo berantas Demam berdarah .... Weh .. semangat ... Banyak manfaatnya shob artikelnya...

  1. catatan kecilku Says:

    Sekarang ini kalau anak2 panas, bawaannya udah panik bgt.., karena takut jika didiagnosis kena DBD.. :((

  1. the others.. Says:

    Thanks bgt utk infonya tentang pencegahan/pengobatan bagi penderita DBD.

  1. tomo Says:

    Yang penting ingat 3M aja gan.agar aman

  1. ariefborneo Says:

    Wah DBD datang lg y sob....harus membersih kan tempat2 genangan air ni sob...salam persahabtan

  1. o0z Says:

    wah musti hati-hati nih terhadap bahaya nyamuk ini, dan juga terhadap pihak-pihak yang memanfaatkanya, soalnya belakangan rumah ku kedatangan tamu yang ngaku dari dari penyuluh demam berdarah, eh ujung-ujungnya minta dibeli obat yang dia bawa dengan harga tidak wajar, he he "nyamuk-nyamik" seperti ini juga wajib kita waspadai

  1. etam grecek Says:

    kalo musim hujan biasanya mulai mewabah nih..waspadalah..

  1. Leader Street Says:

    buat diri sendiri kayaknya dah cukup dengan Makan makanan yang mengandung gizi yang cukup dan Istirahat yang cukup

    Kalau tubuh sehat, mana bisa buat kita sakit, kan antibodi kuat..

  1. odah etam Says:

    semoga kita semua tidak terjangkit DBD...
    sukses slalu...

  1. munir ardi Says:

    DBD momok yang menakutkan apalagi kalau tinggal di daerah terpencil sob yang nggak ada rumah sakit ih susah untk menanganinya

  1. ARUS RASYID Says:

    Tip yang sangat bermanfaat. Saya copy ya untuk disimpan.

  1. Ferdinand Says:

    Wah emank tuh Nyamuk demam berdarah paling2 klo musim hujan hhe,....tapi klo didaerahku malah nyamuk malaria nie yg lagi dibasmi sma pemkot.....

    Setuju sama tips terakhirnya....klo badan kita sehat sih kayanya ga terlalu ngaruh ......

    met aktivitas Sob!!!

  1. Rizky2009 Says:

    Alhamdulillah sob, di lingkungan saya jarang ada yg kena penyakit DB, semoga aja masyarakat lingkungan saya terus mempertahankan budaya bersih, g cuma di rumah, tp lingkungannya juga

  1. bluethunderheart Says:

    postingan yg baik
    terima aksih telah berbagi
    salam hangat dari blue

  1. muzzy musthofa Says:

    moga aja aq gak sakit lagi deh.... dah kapok sering masuk rumah sakit...

  1. Halaman Samping-nya Inung Says:

    ini penyakit yang bikin aku opname waktu kelas 5 SD dulu, kepala berat nian, kliyengan kalo orang Jawa bilang. Tubuh panas tinggi, untung cepat2 dibawa ke RS Panti Rapih Jogja.

    Keep our home-environment clean...

    trims 4 share. eh aku follow ya barusan qe3

  1. serba iseng Says:

    Deman berdarah memang perlu diwaspadai di musim seperti ini

  1. oempak Says:

    memang DBD ini rawan sekali di negeri kita, apalagi di daerah padat penduduk, pola hidup sehat lbh efektif mencegahnya :)

  1. Run-D BLoG Says:

    DBD mulai mewabah lagi, jaga kebersihan sob :)

  1. mas acrom Says:

    wuihh ngeri moga aja gak kena ini gan..hehe

  1. richoyul Says:

    musim mulai ga jelas, harus ekstra jaga kondisi biar ga ambruk :)

  1. iplock Says:

    wah iye,bidadari ane lagi kena nih,thanks dah ingetin sob,makasih ya!!!

  1. om rame Says:

    kakak saya pernah kena DBD, kondisi cuma demam-demam biasa aja dan fisik masih segar tapi pas ke dokter katanya trombositnya udah kritis dan harus segera di rawat. aneh yah jenis penyakit ini.
    jadi kepingin review nih dengan juduL "waspadai demam berdarah", karena minggu kemarin wiLayah tempat tinggaL saya sudah muLai ada pengasapan.

    untuk masaLah tukeran Link, siap bos saat ini sudah diLaksanakan. tinggaL cek di sidebar pada pojok kanan atas bLog saya. susunan Linknya berdasarkan abjad huruf jadi kaLo yang beruntung yah ada di paLing atas, kaLo kurang beruntung yah ada di tengah atau paLing bawah. hehehe...

    kaLo boLeh tau, sumber untuk membuat gadget "daftar isi dan Link Teman" seperti pada di sidebar sebeLah ini dari tampiLan bLog ini, ambiL dari mana yah?. sebeLumnya saya ucapkan banyak terima kasih biLa merepotkan.

  1. Bunglon Blog Indonesia Says:

    pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan adalh langkah baik untuk mengantisipasi terjangkitnya penyakit DB, mantep sob

  1. buret Says:

    bener sob, rebusan air jambu biji atau sari ekstrak jambu biji dapat meningkatkan trombosit sang penderita, penting untuk mengaja kebersihan lingkungan kita & lakukan 3M, terima kasih artikelnya.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.