ZAKUMI MASKOT PIALA DUNIA FIFA 2010 AFRIKA SELATAN | MIXED FRESH INFO

ZAKUMI MASKOT PIALA DUNIA FIFA 2010 AFRIKA SELATAN

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 12 April 2010, under , , | 3 komentar


Piala dunia FIFA (World Cup FIFA), siapa yang tidak mengenalnya. Event olahraga setiap 4 tahun sekali ini selalu dinantikan oleh penggemar sepakbola di seluruh dunia tanpa terkecuali di Indonesia. Banyak penggila bola rela untuk begadang demi menonton tim idolanya bertanding. Piala dunia tentu saja tidak bisa lepas dari maskot dan soundtracknya. Pada kesempatan kali ini aku akan mencoba menulis tentang maskot piala dunia.
Berikut perkembangan maskot piala dunia (World Cup) di antaranya sebagai berikut :

1. Tahun 1966 di Inggris
Inggris merupakan tuan rumah yang mengenalkan maskot pertama kalinya untuk event olahraga 4 tahunan tersebut. Pada waktu itu Inggris mengenalkan maskot kepada seluruh dunia dengan nama "World Cup Willy". Maskot ini merupakan singa yang merupakan simbol tipikal dari kerajaan Inggris. Singa tersebut menggunakan kaos Union Jack dengan kata "WORLD CUP".

2. Tahun 1970 di Meksiko
Pada Piala Dunia tahun 1970 di Meksiko juga membuat maskot piala dunia yang diberi nama "Juanito". Juanito ini merupakan anak laki-laki yang mengenakan seragam Meksiko dan sebuah topi sombrero dengan kata-kata "MEXICO 70". Namanya merupakan nama kecil dari "Juan", sebuah nama umum dalam bahasa Spanyol.

3. Tahun 1974 di Jerman Barat
Jerman Barat juga tidak mau ketinggalan untuk membuat sebuah maskot untuk World Cup pada waktu tahun 1974. Maskot piala dunia pada waktu itu bernama "Tip and Tap". Maskot ini merupakan pasangan dua orang anak laki-laki yang mengenakan seragam kebanggaan jerman. Pada seragam tersebut terdapat huruf WM (Weltmeisterschaft, World Cup, Piala Dunia) dan angka 74 yang menunjukkan tahun pelaksanaan event olahraga tersebut.

4. Tahun 1978 di Argentina
Kawasan di Amerika Latin ini yakni Argentina juga turut mengambil bagian dalam membuat maskot yang menjadi lambang piala dunia pada waktu itu. Argentina membuat maskot yang diberi nama " Gauchito". Dimana maskot tersebut menggambarkan seorang anak laki-laki yang juga mengenakan seragam nasional tim tango Argentina. Anak laki-laki tersebut menggunakan topi (dengan kata ARGENTINA '78), syal dan cambuk yang merupakan tipikal dari seorang gaucho.

5. Tahun 1982 di Spanyol
Negara yang terkenal dengan matador dan bantengnya itu menjadi tuan rumah World Cup pada tahun 1982. Pada waktu itu Spanyol juga menciptakan sebuah maskot yang berbentuk buah jeruk. Jeruk merupakan buah yang menjadi ciri khas Spanyol. Jeruk tersebut juga menggunakan seragam kebanggaan tim nasional Spanyol. Nama maskot milik Spanyol tersebut adalah "Naranjito" yang berasal dari kata naranja yang dalam bahasa Spanyol berarti jeruk dan kata pengecil "-ito".

6. Tahun 1986 di Meksiko
Meksiko kembali menjadi tuan rumah world cup (piala dunia) pada tahun 1986. Untuk itu, meksiko kembali membuat maskot yang akan menjadi sejarah piala dunia pada waktu itu. Maskot tersebut diberi nama "Pigue". Pigue merupakan lada jalapeno, yakni karakteristik dari masakan Meksiko dengan kumis dan tetap menggunakan topi sombreno. Namanya berasal dari kata picante yang dalam bahasa Spanyol berarti rempah-rempah dan saus.

7. Tahun 1990 di Italia
Italia juga kebagian menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1990. Pada waktu itu Italia membuat maskot yang bernama "Ciao". Ciao ini merupakan pemain stick figure dengan kepala bola sepak dan tubuh berwarna bendera Italia. Namanya merupakan kata sapaan dalam bahasa Italia.

8. Tahun 1994 di Amerika Serikat
Amerika Serikat diberikan kepercayaan oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah event World Cup pada tahun 1994. Amerika Serikat juga tidak mau ketinggalan membuat maskot yang diberikan nama Striker. Maskot pada waktu ini berbentuk seekor anjing yang mengenakan seragam Amerika Serikat dengan kata-kata "USA '94".

9. Tahun 1998 di Perancis
Footix merupakan seekor unggas yang dijadikan sebagai maskot piala dunia pada tahun 1998 di negara Perancis. Unggas tersebut juga merupakan simbol nasional dari Perancis. Selain itu tubuh unggas tersebut sebagian berwarna biru warna dominan dari kaos tim nasional Perancis dan memiliki tulisan "FRANCE '98" di bagian dada. Nama footix merupakan sebuah kata portmanteau dari sepakbola dengan akhiran "-ix" dari kata "Asterix" Pada waktu itu nama lain yang juga sempat diajukan adalah "Raffy", "Houpi" dan "Gallik".

10. Tahun 2002 di Korea Selatan dan Jepang
Pada tahun 2002 ini world cup untuk pertama kalinya piala dunia dilaksanakan di Asia dan 2 negara yakni Korea Selatan dan Jepang. Kadua negara asia ini membuat maskot piala dunia dengan bantuan komputer sehingga terbentuklah maskot yang diberikan nama "Ato, Kaz and Nik (The Spheriks)". Warna pada maskot tersebut adalah oranye, ungu dan biru futuristik. Maskot tersebut merupakan anggota tim "Atmoball" yakni permainan fiksi semacam sepakbola. Ato adalah pelatih, sedangkan kaz dan Nik merupakan pemain.

11. Tahun 2006 di Jerman
Jerman kembali terpilih menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Pada tahun 1974 piala dunia dilaksanakan di Jerman Barat kini pada tahun 2006 World Cup (Piala Dunia) dilaksanakan di Jerman. "Goleo dan Pille" menjadi maskot yang dipilih oleh negara Jerman untuk menjadi maskot piala dunia pada waktu itu. Maskot tersebut merupakan seekor singa yang mengenakan kaos kebanggaan tim nasional Jerman dengan angka 06 dan sebuah bola sepak berbicara yakni Pille. Goleo adalah sebuah portmanteau dari kata "goal" dan "leo" yang dalam bahasa latin memiliki arti singa. Di Jerman, "Pille" adalah kata sehari-hari untuk menyebut sepakbola.

12. Tahun 2010 di Afrika Selatan
Zakumi merupakan maskot resmi piala dunia 2010 yang dilaksanakan di Afrika Selatan. Zakumi merupakan seekor macan tutul dengan rambut nyentrik berwarna hijau dan mengenakan celana pendek hijau serta kaos yang bertuliskan "SOUTH AFRICA 2010". Zakumi lahir pada tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 1994 ditandai dengan kelahiran demokrasi di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 ini zakumi akan berusia 16 tahun yang akan dirayakan meriah pada saat piala dunia. Zakumi berasal dari kata "Za" yang merupakan kode untuk Afrika Selatan dan "kumi" yang memiliki arti sepuluh. Zakumi mengenakan kostum hijau dan kuning (emas) yang juga menjadi warna dominan seragam tim nasional Afrika Selatan. Selain itu di beberapa negara Afrika Selatan lainnya kata "Zakumi" juga mengandung arti "Marilah datang". Adapun moto resmi Zakumi adalah "Zakumi game is Fair Play" yang terlihat di papan iklan digital selama Piala Konfederasi FIFA 2009 dan juga akan terlihat selama World Cup FIFA 2010 mendatang.

Jadi marilah kita sambut event olahraga FIFA ini dengan suka cita. Semoga saja di waktu yang akan datang Indonesia juga bisa ikut berpartisipasi dalam pertandingan sepakbola dunia ini. Jadi teman-teman lebih mengidolakan negara mana untuk menjadi Juara World Cup 2010 ??

One Response to "ZAKUMI MASKOT PIALA DUNIA FIFA 2010 AFRIKA SELATAN"

  1. Bunglon Blog Says:

    ahah pertamanya sob
    wah seru nech kalo ngomongin piala dunia
    wah sayang ga ada gambarnya disni hehe
    oh ya link sudah saya pasang di blog saya
    silahkan mampir untuk dikoreksi
    Sukses Slalu!

  1. Jiox Says:

    baru tahu ane, thanks infonya. mo gabung dg alkatro? boleeh banget, gratis :D

  1. kolom ponsel Says:

    Benerni lg di tunggu-tunggu pokoknya wajib nonton dech...
    Ini tak bookmar ya, buat nambah pengetahuan he he.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.