QUICK COUNT PILKADA ACEH | MIXED FRESH INFO

QUICK COUNT PILKADA ACEH

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 09 April 2012, under , | 0 komentar
Dari hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) di 350 TPS (tempat pemungutan suara) di 23 kabupaten dan kota di Aceh, pasangan Ahmad Zaini-Muzakkir Manaf untuk sementara unggul dalam Pilkada Aceh 2012. Pasangan yang diusung Partai Aceh tersebut mengantongi suara 54,4 persen. Kemungkinan pasangan Zaini-Muzakkir sekarang mendapatkan suara dari swing voters.

Posisi kedua ditempati Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan (unsur perseorangan) dengan suara 29,88 persen. Posisi ketiga sampai kelima masing-masing diisi Muhammad Nazar-Nova Iriansyah (7,77 persen), Darni M Daud-Ahmad Fauzi (4,11 persen), dan Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah (3,84 persen).

Dari hasil hitung cepat itu diketahui, Zaini-Muzakkir unggul di hampir semua wilayah pemilihan, kecuali di Aceh I dan Aceh VII yang dikuasai Irwandi-Muhyan. Aceh I terdiri atas Kabupaten Aceh Besar, Kota Sabang, dan Banda Aceh. Aceh VII terdiri atas Kabupaten Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, dan Kota Subulussalam. Pada Februari 2012 lalu, LSI pernah mengadakan survei Pilkada Aceh. Hasilnya saat itu, Zaini-Muzakkir menempati posisi kedua dengan persentase suara 28,8 persen, sedangkan Irwandi-Muhyan mendapat 29,6 persen.

LSI juga mencatat, tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Aceh mencapai 78,8 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2009 sebesar 76 persen, maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 sebesar 74 persen. Pilkada Aceh 2012 ini selain memilih gubernur dan wakil gubernur juga memilih 17 kepala daerah di 17 kabupaten dan kota. Ada 174 pasangan calon kepala daerah yang bertarung, lima di antaranya adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Sedangkan menurut MSCI (Media Survei Center Indonesia) diperoleh hasil perhitungan cepat sebagai berikut :

1. Tengku Ahmad Tajuddin - Suriansyah (independen) 3,08%
2. Irwandi Yusuf - Muhyan Yunan (independen) 28,83%
3. Darni M Daud - Ahmad Fauzi (independen) 3,98%
4. Muhammad Nazar - Nova Iriansyah (Partai Demokrat, PPP, & Partai Sira) 8,17%
5. Zaini Abdullah-Muzakir Manaf (Partai Aceh) 55,93 %

Jumlah data yang masuk sudah 100% dan metode yang digunakan untuk quick count pilkada Aceh 2012 ini adalah metode Multi stage random Sampling, tingkat kepercayaan 95%, dengan margin error plus minus 3 %.

Sumber : berbagai sumber

One Response to "QUICK COUNT PILKADA ACEH"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.