TIPS TERHINDAR EMAIL MALWARE DI HARI VALENTINE | MIXED FRESH INFO

TIPS TERHINDAR EMAIL MALWARE DI HARI VALENTINE

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 14 Februari 2012, under , | 0 komentar
Perusahaan antivirus, Kaspersky merilis temuannya tentang email spam yang berisi malware. Modus yang digunakan adaah dengan menggunakan kata "diskon" dan "kupon" sebagai subjek emailnya untuk menarik perhatian korban. Apalagi disaat hari Valentine ini calon korban dikirimi email spam spam Valentine dengan menggunakan diskon yang bisa diperoleh lewat layanan kupon, Groupon sebagai "Kado Spesial Valentine".

Berikut tiga langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena phising atau pencurian informasi dari kupon diskon :
  1. Jangan membuka email dari layanan kupon yang tidak diikuti. Ini akan menghindarkan kita dari serangan phising atau email berisi kode jahat. Selain itu, apabila email spammer hanya berupa penawaran iklan biasa, maka dengan tidak membuka email itu berarti kita mengurangi respon dan membuat spammer rugi.
  2. Jangan turuti jika email dari layanan kupon yang diikuti meminta kita untuk memverifikasi akun melalui suatu link atau meminta teman login dan mengisi password. Perlu diketahui perusahaan besar tidak akan pernah meminta kita untuk mengirim login dan password melalui email. Permintaan semacam ini patut diduga sebagai usaha untuk mencuri akunmu.
  3. Jika mendapatkan pesan dari sebuah perusahaan besar bahwa teman mendapatkan kupon, sedangkan kita tidak pernah memesan apapun, sebaiknya tidak membuka pesan tersebut. Lebih penting lagi, jangan mengunduh apa pun dari email tersebut.
Selain itu, penjahat cyber punya beragam cara untuk menjebol pertahanan yang ditanamkan dalam gadget. Salah satunya adalah menyembunyikan di balik kode quick response (QR). Kode QR dikenal luas sebagai gambar berbentuk persegi empat dengan pola khas di tengahnya. Pengguna memindai kode ini melalui ponsel cerdas mereka, dan akan langsung dihubungkan ke satu halaman situs yang diinginkan pembuat kode.

Para penjahat kriminal ini memalsukan kode QR asli yang dikeluarkan oleh perusahaan atau organisasi, dengan kode buatan mereka. Kode palsu ini kemudian diletakkan menutupi kode yang asli. Laporan kuarter empat 2011 dari AVG Australia dan Selandia Baru, misalnya, menemukan bahwa penjahat cyber memproduksi kode QR yang mengandung malware yang disebut "JimmRussia". Malware ini dapat mengirimkan SMS premium yang memotong pulsa pengguna dan dapat mengarahkan korbannya untuk mengunduh malware. Pengguna ponsel tidak akan tahu apa yang ada di balik kode QR sampai malware tertanam dan bekerja.

One Response to "TIPS TERHINDAR EMAIL MALWARE DI HARI VALENTINE"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.