TIPS MEMBELI HELM | MIXED FRESH INFO

TIPS MEMBELI HELM

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 05 Juni 2011, under , , | 0 komentar
Peraturan lalu lintas yang mewajibkan pemakaian helm bagi pengendara sepeda motor telah ditetapkan dan diberlakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, hingga kini kesadaran pemakaian helm masih sekadar untuk melaksanakan aturan. Padahal, helm sangat memegang peran penting dalam menciptakan keamanan berkendara, khususnya melindungi kepala saat terjadi kecelakaan, baik terjatuh maupun tabrakan. Fakta menunjukkan bahwa sepanjang akhir 1992–2010 tak kurang dari 300 ribu jiwa melayang di jalan raya akibat kecelakaan.

Dari jumlah itu, 70–75 persen adalah pengendara sepeda motor dan 90 persen korban yang meninggal akibat luka di kepala. Untuk itu, memilih helm tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut beberapa tips dalam membeli helm oleh pengguna sepeda motor :
  • Pastikan bahan yang digunakan berkualitas

Satu hal yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa helm yang akan dibeli terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga helm tersebut mampu melindungi kepala bila terjadi benturan keras. Apabila Anda awam dengan bahan-bahan helm yang berkualitas, maka gunakan patokan bahwa helm tersebut telah mendapat sertifikasi standar mutu, misalnya helm yang telah memiliki cap atau logo Standar Nasional Indonesia (SNI).
  • Pastikan ukuran helm sesuai dengan kepala
Aspek lain yang juga patut diperhatikan adalah ukuran helm dengan kepala. Sebagai patokan, pastikan bagian pelipis kepala Anda terlindungi dengan pas, begitu pun dengan bagian rahang. Selain itu, kepala bagian belakang terlindungi dengan baik dan tepat.

Para produsen helm yang produknya dijual secara global, biasanya telah menetapkan ukuran helm dengan ukuran yang lazim digunakan orang. Misalnya, S untuk lingkar kepala 55–56 sentimeter (cm), M untuk 57–58 cm, L untuk lingkar kepala 59–60 cm, serta XL untuk lingkar kepala 61–62 cm.
  • Berventilasi dan sejuk
Pilihlah helm yang dilengkapi ventilasi udara. Meskipun bentuknya bermacam-macam dengan ukuran celah yang berbeda, keberadaan ventilasi akan memberikan efek sejuk. Selain itu, ventilasi tersebut juga akan memberikan celah bagi suara di sekeliling jalan sehingga pengendara masih bisa mendengarkan berbagai isyarat dari kendaraan lain yang ada di sekitarnya, seperti klakson atau suara mesin. Hal lain yang bisa dipertimbangkan adalah bagian dalam helm. Upayakan memilih helm yang bagian dalamnya dirancang dan dilengkapi bahan penyerap panas.
  • Pilihlah helm dengan kaca netral
Bagian lain dari helm yang patut dicermati sebelum membelinya adalah bagian kaca. Upayakan sebisa mungkin untuk memilih helm yang dilengkapi kaca yang memberi efek netral. Artinya, kaca helm tersebut tidak mengandung sifat kaca cembung maupun cekung. Padahal, idealnya, saat menggunakan helm khususnya bila tidak menggunakan kacamata khusus untuk berkendara kaca helm harus ditutup. Hal itu dimaksudkan agar mata tidak terganggu, baik oleh asap maupun debu sehingga nyaman dan aman.

One Response to "TIPS MEMBELI HELM"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.