GPCODE RANSOMWARE & ANTIVIRUS KASPERSKY MOBILE SECURITY | MIXED FRESH INFO

GPCODE RANSOMWARE & ANTIVIRUS KASPERSKY MOBILE SECURITY

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 21 Juni 2011, under , , , | 0 komentar
Kaspersky Lab menganalisa sejumlah ancaman teknologi Informasi (TI) pada kuartal pertama tahun 2011 di antaranya malware yang mulai menyerang mobile phone, meningkatnya serangan terhadap organisasi (perusahaan-korporasi), dan merebaknya data serangan melalui social media. Pada kuartal pertama ini juga terlihat gelombang protes yang dilakukan oleh penjahat dunia maya dengan tujuan lebih kepada merusak reputasi perusahaan daripada mendapatkan keuntungan. Salah satu contoh serangan yang terkenal adalah insiden pembajakan menargetkan HBGary, perusahaan keamanan TI yang berbasis di Amerika Serikat.

Pada akhir kuartal 1 tahun 2011, sebuah varian baru dari GpCode ransomware berbahaya muncul. Trojan ini akan mengenkripsi data pada komputer yang terinfeksi dan kemudian meminta uang tebusan dari pemiliknya. Tidak seperti varian sebelumnya yang menghapus file yang terenkripsi, GpCode versi baru ini menimpa file-file dengan data enkripsi, membuatnya tidak dapat dipulihkan.

Hacker yang menyerang website-website resmi pemerintahan di Indonesia juga masih dalam tahap uji coba merusak sistem, bukan untuk memperjualbelikan data seperti yang terjadi di negara lain. Tren lain yang berdampak langsung bagi keamanan TI adalah semakin populernya jejaring sosial (Facebook dan Twitter), blog, torrent, dan YouTube yang semakin mengubah lansekap digital. Layanan ini memfasilitasi pertukaran data secara cepat dan sederhana antara pengguna di setiap sudut dunia.

Kepopuleran dari sumber-sumber tersebut telah menarik perhatian penjahat di dunia maya. Oleh karena itu, Kaspersky mengeluarkan antivirus khusus untuk handphone, yakni Kaspersky Mobile Security (KMS). Antivirus ini support untuk windows mobile dan symbian. Akhir tahun 2010, Kaspersky mengeluarkan KMS 9 yang sudah support untuk BlackBerry dan Android. Antivirus ini bisa mendeteksi virus yang ikut terinstal saat menginstal mobile application atau saat membuka shorten link (link yang dipendekkan).

Antivirus ini juga memiliki fitur-fitur unik, seperti Sim Watch dan Mode Privacy Protection. Versi baru dari KMS ini juga mencakup penyempurnaan fitur Anti-Theft yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone untuk memblokir perangkat jika ponsel mereka hilang atau dicuri, menghapus memori, mencarinya melalui GPS serta menerima pemberitahuan mengenai nomor baru jika SIM diganti. Fitur lainnya adalah Fitur Privacy Protection yang membantu pengguna untuk menyembunyikan informasi kontak apapun yang ingin dijaga kerahasiaannya. Antivirus ini merupakan layanan berlangganan sebesar Rp.100 ribu per bulan. Free trial bisa dilakukan dengan mengakses http://kms.kaspersky.com dari handphone.

Sumber : Kompas

One Response to "GPCODE RANSOMWARE & ANTIVIRUS KASPERSKY MOBILE SECURITY"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.