CARA MERAWAT BAN | MIXED FRESH INFO

CARA MERAWAT BAN

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 12 Juni 2011, under | 0 komentar
Ban merupakan salah satu komponen terpenting mobil yang kerap luput dari perhatian. Tidak sedikit dari pemilik mobil yang hanya berpatokan pada tampilan ban saat melihat tingkat keausan ban. Padahal, kondisi ban yang bagus tidak hanya ditentukan tampilan ukiran. Kelenturan karet, keutuhan dinding, serta stabilitas saat berputar juga menjadi ukuran penting bagus tidaknya bagian utama kaki-kaki mobil itu. Berikut tips perawatan ban :
  • Melakukan sporing dan rotasi ban secara teratur

Kegiatan spooring dan balancing sebaiknya dilakukan setelah mobil menempuh perjalanan 4.000 kilometer (km). Adapun rotasi atau memindah penempatan ban, bisa dilakukan setelah mobil menempuh jarak 5.000 km.

  • Menjaga tekanan angin ban yang tepat

Biasanya tingkat tekanan angin ban dinaikkan 2 psi lebih tinggi dari tingkat yang telah direkomendasikan pabrikan mobil. Padahal, dengan tekanan angin yang lebih keras dari semestinya akan menjadikan permukaan ban menggelembung pada bagian tengah sehingga, titik tumpu saat ban melibas jalanan hanya terkonsentrasi di tengah. Akibatnya bagian tengah ban cepat tipis atau aus. Bahkan, dalam kondisi ekstrem rajutan benang dan kawat baja terputus atau terurai. Begitu pun sebaliknya, apabila tekanan angin ban kurang dari tingkat yang direkomendasikan, maka beban berupa bobot mobil dan segala isinya disangga oleh dua titik tumpu yaitu bagian samping kiri dan kanan ban. Akibatnya, dua bagian tersebut cepat aus atau tidak rata. Kondisi itu, sangat berpotensi menyebabkan ban pecah dan laju mobil tidak stabil. Tekanan angin ban yang tepat bisa dilihat secara kasat mata. Ukurannya, bagian ban yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan terlihat rata, namun tingkat tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrik.

  • Pastikan komponen kaki-kaki tidak bermasalah

Faktor penyebab lain yang tidak kalah besar kontribusinya terhadap kerusakan ban adalah komponen suspensi yang bermasalah. Pasalnya, bila komponen tersebut bermasalah menyebabkan pengendalian mobil tidak stabil. Pada saat itulah arah gerakan ban di saat mobil melaju juga mengarah ke kiri dan ke kanan. Bahkan saat melibas jalan bergelombang atau berlubang, ban seperti dihempaskan dan diseret. Akibatnya, beberapa bagian ban lebih tipis dari lainnya alias benjol-benjol. Struktur kerangka ban yang berupa kawat dan benang juga cepat aus pun putus atau melengkung. Oleh karena itu, periksa rutin komponen kaki-kaki mobil mulai dari shockbreaker, tierod, bushing arm, laker, dan lain-lain.
  • Hindari mengemudi dengan agresif dan sering melibas lubang
Kebiasaan mengemudi yang juga menyebabkan ban cepat rusak adalah kerap bermanuver yang tidak perlu. Memacu mobil dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak misalnya. Cara salah lainnya adalah kerap melibas jalanan berlubang saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, selain kaki-kaki mobil bermasalah juga menjadikan konstruksi ban bermasalah.

One Response to "CARA MERAWAT BAN"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.