TEROR BOM BUNUH DIRI BANDARA INTERNASIONAL DOMODEDOVO RUSIA | MIXED FRESH INFO

TEROR BOM BUNUH DIRI BANDARA INTERNASIONAL DOMODEDOVO RUSIA

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 26 Januari 2011, under , , | 0 komentar
Aksi teror bom bunuh diri di Bandara Internasional Domodedovo, Moskwa, Rusia, tanggal 24/1/2011, memicu kemarahan Pemerintah Rusia. Presiden Dmitry Medvedev bersumpah akan memburu dan ”menghabisi” mereka yang bertanggung jawab dan berada di balik aksi teror itu. Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin bahkan dengan keras menyatakan akan membalas dendam atas insiden tersebut. Jumlah korban tewas terakhir dilaporkan mencapai 35 orang, 8 orang di antaranya warga negara asing. elain itu, lebih dari 180 orang juga ikut terluka dalam peristiwa mengerikan tersebut. Otoritas Rusia memastikan kedelapan warga negara asing yang tewas adalah dua orang berkebangsaan Inggris, seorang warga negara Jerman, seorang warga negara Bulgaria, serta masing-masing satu orang berkewarganegaraan Kirgistan, Tajikistan, Uzbekistan, dan Ukraina.

Sejumlah kalangan meyakini serangan dilakukan kelompok militan dari kawasan Kaukasia Utara, yang memang selama setahun terakhir melakukan serangan serupa di Rusia. Pada Maret tahun lalu serangan ganda ledakan bom bunuh diri terjadi di sistem angkutan umum bawah tanah Moskwa dan menewaskan sekitar 40 orang. Presiden Medvedev mengatakan dalam siaran televisi bahwa terorisme masih menjadi ancaman keamanan utama di negeri ini. Kita harus berupaya sekeras mungkin mengidentifikasi, mengekspos, lalu membawa para bandit pelaku teror bom itu ke pengadilan. Tidak cuma itu, kita juga harus menumpas tempat persembunyian mereka. Jangan sampai kita cuma berdiam diri. Mereka harus dihancurkan tepat di mana mereka berada. Medvedev, yang juga terlihat sangat emosional, menyalahkan pengelola dan aparat keamanan Bandara Internasional Domodedovo yang telah melakukan kesalahan fatal sehingga serangan bom bisa terjadi.

Dari temuan di lokasi kejadian dan pernyataan sejumlah saksi mata, aparat keamanan memperkirakan ledakan berasal dari bom berdaya ledak tinggi atau setara dengan 5 kilogram hingga 7 kilogram TNT. Para pelaku juga diyakini memilih lokasi peledakan bom di tempat yang memungkinkan jatuh korban jiwa secara maksimal. Dari sejumlah fakta itu, diyakini serangan memang telah dipersiapkan dengan sangat matang.

Dari hasil penyelidikan awal, petugas menemukan potongan kepala orang, yang mereka sebut ”berwajah Arab”. Pria itu diduga merupakan salah seorang pelaku, yang mendampingi pelaku bom bunuh diri lain, seorang perempuan. Bom meledak ketika pelaku perempuan membuka tasnya. Menurut beberapa saksi mata, sebelum meledakkan diri, para pelaku berteriak dan mengancam akan membunuh semua orang di bandara.

Saksi mata lain menggambarkan, saat kejadian ada banyak orang di lokasi pengambilan barang bawaan penumpang di terminal kedatangan bandara tersebut. Sejumlah pemimpin negara, seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden China Hu Jintao, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan juga Pemerintah Indonesia mengecam aksi teror tersebut.

One Response to "TEROR BOM BUNUH DIRI BANDARA INTERNASIONAL DOMODEDOVO RUSIA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.