SANKSI FIFA TERHADAP PSSI | MIXED FRESH INFO

SANKSI FIFA TERHADAP PSSI

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 08 Januari 2011, under , | 0 komentar
Otoritas sepak bola dunia (FIFA) sudah mengancam akan memberikan sanksi pada Indonesia bila kompetisi Liga Primer Indonesia jadi digelar. Ada dua kemungkinan sanksi yang akan diberikan FIFA.

Pertama, bila kehadiran LPI dianggap mencerminkan sebuah intervensi dari pemerintah, maka Indonesia lah yang akan terkena saksi berupa larangan tampil di ajang internasional, baik tim nasionalnya maupun klubnya. Sanksi ini pernah dialami oleh Nigeria langsung dijatuhi hukuman seperti ini saat Presiden negara itu, Goodluck Jonathan, melarang tim nasional tampil di ajang apapun selama dua tahun setelah tim itu tampil buruk di Piala Dunia 2010.

Pada 2008, Brunei juga diberi sanksi serupa oleh FIFA setelah setelah pemerintah membubarkan BAFA (The Football Association of Brunei Darussalam) yang jadi anggota FIFA dan menggantikannya dengan Brunei Darussalam's Football Association. FIFA melarang keikutsertaan tim negara itu dari ajang Liga Super Singapura. Hukuman itu hingga kini belum dicabut dan Brunei terancam jadi negara kedua yang dikeluarkan dari FIFA setelah Afrika Selatan pada 1976, karena masalah diskriminasi. Sanksi karena intervensi politik juga pernah menimpa Irak, pada Mei 2008. FIFA melarang negara itu tampil dalam laga internasional selama setahun setelah pemerintah membekukan federasi sepak bola negara itu.

Pada 29 November 2009, FIFA kembali memberi sanksi larangan berkiprah di dunia internasional pada negara ini dikarenakan adanya intervensi pemerintah. Sanksi baru diangkat pada Maret 2010 setelah federasi sepak bola (IFA) kembali memiliki otoritas penuh.

Sanksi jenis kedua yang mungkin diterima oleh Indonesia akan jatuh pada Liga Primer Indonesia dan semua unsur yang terlibat di dalamnya. Hal ini pernah terjadi saat National Professional Soccer League (NPSL) digelar Amerika Utara pada 1967. NPSL ini adalah liga tandingan bagi liga resmi, United Soccer Association (USA).

Semua unsur yang terlibat dalam kompetisi tandingan itu seperti pemain, pelatih, wasit, hingga pengurus mendapat sanksi pengasingan dari Federasi sepak bola Amerika Utara (USSF) dan FIFA. Lisensi pelatih dan wasit dicabut, sedangkan pemain tak boleh berkiprah di ajang internasional, termasuk memperkuat tim nasional.

One Response to "SANKSI FIFA TERHADAP PSSI"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.