KISRUH BLACKBERRY | MIXED FRESH INFO

KISRUH BLACKBERRY

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 11 Januari 2011, under , | 0 komentar
Polemik pemblokiran situs tertentu lewat layanan BlackBerry bukan hanya ada di Indonesia. Sejumlah negara mendesak dan mengancam Research in Motion (RIM), sebagai produsen BlackBerry untuk menutup akses situs tertentu. Negara-negara yang mendesak RIM itu antara lain, India, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Pakistan dan Cina.

Berikut alasan sejumlah negara mendesak penutupan layanan BlackBerry :
  • INDIA
Pemerintah India meminta RIM untuk bisa mengakses data serta melacak email yang dikirim atau diterima pengguna blackberry di India. Dikhawatirkan layanan tersebut disalahgunakan oleh para militan dan menciptakan ketidakstabilan politik. Selama ini, kelompok gerilyawan berbasis Pakistan memang kerap berbagai layanan komunikasi yang sulit dipantau pemerintah India. Mereka menggunakan BlackBerry, telepon selular, serta percakapan lewat Google Talk dan Skype.
  • UNI EMIRAT ARAB
Uni Emirat Arab mensyaratkan kepada RIM untuk memberikan akses kepada pemerintah agar dapat mengetahui informasi yang dikirim pengguna ponsel pintar tersebut.
  • PAKISTAN
Pada Mei tahun lalu, Pakistan meminta RIM menutup akses ke situs jejaring sosial Facebook lewat layanan BlackBerry. Dewan Telekomunikasi Pakistan mengeluarkan permintaan itu setelah Pengadilan Tinggi Lahore melarang Facebook gara-gara ada kompetisi menggambar Nabi Muhammad yang disebarkan lewat Facebook.
  • CINA
RIM berusaha masuk ke Cina sejak 2006, namun terus tertunda hingga dua tahun. Sampai akhirnya, RIM baru masuk 2008. RIM beroperasi dengan menggandeng China Telecom, perusahaan telepon genggam kecil di Cina. Layanan BlackBerry di Cina benar-benar dikontrol pemerintah. Bukan hanya situs porno, tapi juga situs-situs yang kritis terhadap pemerintah juga diblokir.

One Response to "KISRUH BLACKBERRY"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.