MENGOLAH KERTAS KORAN MENJADI KARYA TENUN LURIK | MIXED FRESH INFO

MENGOLAH KERTAS KORAN MENJADI KARYA TENUN LURIK

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 06 April 2010, under | 6 komentar

Tahukah anda jika barang-barang bekas jika berada di tangan yang terampil bisa menjadi barang menjadi yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi?? Karena pada umumnya barang bekas selalu berakhir di tempat pembuangan sampah. Sebut saja beberapa di antaranya yang pernah di tayangkan di beberapa acara televisi lokal di Indonesia yaitu cangkang telur, batok kelapa, potongan kayu bekas, plastik pembungkus makanan ataupun pembersih dan lain sebagainya. Tetapi tadi siang ketika menonton acara berita di liputan 6 siang aku mendengar kalau kertas koran bisa di ubah menjadi tenun lurik yang memiliki harga ekonomis yang tinggi. Ini tentu saja membuatku semakin penasaran menontonnya karena bisa menumbuhkan kreatifitas penduduk Indonesia. Daerah yang memproduksi limbah kertas ini berada di
Desa Bowan, Delangu, Klaten, Jawa Tengah.

Adapun langkah pembuatan kertas koran ini menjadi karya tenun yakni awalnya koran bekas dipotong-potong dengan lebar sekitar setengah sentimeter. Kemudian potongan kertas dipadukan dengan benang, ditenun dengan alat tenun bukan mesin. Membuat kerajinan tenun kertas koran tidak bisa dilakukan dengan cepat karena kertas tidak bisa dipintal hingga potongan kertas harus satu persatu dimasukkan ke alat tenun. Tenun lurik kertas koran sekarang dimanfaatkan sebagai bahan dasar sejumlah kerajinan mulai dari taplak hingga tas. Karya kerajinan unik ini yang harga dasarnya Rp 8.000 per meter telah memasuki pasar berbagai kota mulai Jakarta hingga Bali. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa mendorong jiwa seni teman-teman berkembang dan membuka lapangan kerja yang baru.
Apakah anda berminat untuk mencobanya sebagai lahan penghasilan tambahan??

One Response to "MENGOLAH KERTAS KORAN MENJADI KARYA TENUN LURIK"

  1. Bisnis Mantep Says:

    Wah sis..benar2 mantep
    banget ya.
    Asal ada kreativitas apapun jadi dech.

    Oia sekalian baca postingan saya ya :)
    itu linknya

  1. gambutku Says:

    di zaman yg serba susah ini, harus benar2 kreatif ya.:D

  1. Terrychen Says:

    Wah.. Kreatifny ok bgd..?
    Ayo trskn kreatif di indonesia. Maju trs!!

  1. Irawanqq Blog's Says:

    Info keren neh....!!!
    Gimana caranya kertas koran bekas bisa ngasilin duit yang gede.... :D

  1. GOLDEN INFO Says:

    wah yang kayak begini yang harus diberdayakan

  1. BSI Says:

    orang indonesia memang kreatif kreatif ya

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.